Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Wisatawan Zaman Now Pakai AI untuk Rencanakan Traveling, Kamu Juga?
Advertisement . Scroll to see content

4 Cara Maksimalkan WhatsApp untuk Customer Service Online (Chatbot)

Rabu, 13 September 2023 - 17:27:00 WIB
4 Cara Maksimalkan WhatsApp untuk Customer Service Online (Chatbot)
Kehadiran customer service online seperti chatbot sangat membantu dan meningkatkan efisiensi pelayanan pelanggan. (Foto: istimewa)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Customer service merupakan salah satu faktor penting dalam operasional perusahaan, karena berhubungan secara langsung dengan pelanggan, dan menjadi salah satu faktor kunci untuk menjaga loyalitas pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. 

Di era digital, keberadaan customer service yang beroperasi 24 jam menjadi sangat krusial untuk melayani pelanggan dengan cepat dan tanpa batasan waktu. Itu sebabnya, sebagian besar konsumen menjangkau customer service melalui platform digital yang ada seperti direct message Instagram, kolom chat marketplace hingga WhatsApp.

Meski demikian, tak jarang pesan masuk dari pelanggan jadi menumpuk karena keterbatasan atau kurangnya sumber daya customer service perusahaan. Untuk mengatasi keterbatasan tersebut, kini sebagian besar perusahaan dan juga bisnis telah beralih pada customer service online atau yang lebih dikenal sebagai chatbot

Secara garis besar, peran customer service online atau chatbot tidak jauh berbeda dengan customer service konvensional, namun customer service online dapat melayani pelanggan 7 hari dalam seminggu tanpa libur. 

Kehadiran customer service online seperti chatbot sangat membantu dan meningkatkan efisiensi pelayanan pelanggan hingga 50 persen. Selain tidak memiliki jeda waktu dalam membalas pesan customer, chatbot juga menawarkan banyak keunggulan, seperti:

1. Tidak ada waktu tunggu
2. Mampu mengklasifikasikan masalah customer
3. Mampu menyelesaikan masalah lebih cepat
4. Biaya yang lebih efisien

“Di era digital ini, rasanya penting sekali bagi setiap bisnis bahkan dalam skala terkecil pun, seperti UMKM, untuk memiliki customer service online berupa chatbot. Chatbot yang sudah terintegrasi dengan AI dan machine learning dapat merespon dan menyelesaikan keluhan pelanggan dengan cepat dan akurat," ujar Ritchie Nathaniel selaku CEO TapTalk.io. 

Keuntungan lainnya dari Chatbot adalah membuat pemilik bisnis dapat fokus pada pengembangan produk dan ekspansi, sementara chatbot mengatasi tugas rutin customer service. Hal ini memungkinkan bisnis beradaptasi dengan perubahan digital dan meningkatkan hubungan pelanggan, sambil memberikan nilai tambah signifikan dalam era yang cepat berubah. 

Berikut 4 cara memaksimalkan WhatsApp untuk Layanan Customer Service Online (Chatbot):

1. Request akun WhatsApp Business API

Sebelum mengintegrasikan sistem chatbot dalam WhatsApp bisnis Anda, penting untuk Anda ketahui bahwa layanan chatbot hanya bisa Anda peroleh dalam WhatsApp Business API. 

WhatsApp API ini memungkinkan bisnis menengah dan besar untuk meningkatkan dukungan pelanggan mereka dan memanfaatkan WhatsApp untuk pengaturan yang lebih fleksibel dan kompleks.

Untuk bisa mengakses layanan chatbot, Anda wajib meminta layanan beta atau penggunaan API melalui pihak ketiga, salah contohnya adalah OneTalk dari TapTalk.io. Setelah aplikasi Anda ditinjau dan disetujui, Anda dapat mulai menggunakan WhatsApp API.

2. Pikirkan percakapan yang mungkin terjadi

Sebagai representatif dari bisnis Anda, penting bagi Anda untuk mengatur persona chatbot Anda. Dengan teknologi yang sudah tertanam melalui chatbot, Anda dapat menciptakan identitas yang sesuai dengan bisnis model Anda. 

Anda dapat menyusun pertanyaan yang kemungkinan akan ditanyakan oleh pelanggan Anda dan menyiapkan jawabannya, untuk selanjutnya machine learning dan AI seperti chatgpt yang sudah terintegrasi dalam chatbot akan mengembangkan variabel dari pertanyaan-pertanyaan tersebut sehingga chatbot AI dapat memberikan solusi secara tepat dan akurat. 

3. Gunakan pembuat chatbot dan host di database

Platform chatbot seperti yang ditawarkan oleh OneTalk by TapTalk.io dapat membantu Anda membuat bot dengan pengaturan yang lebih mudah.

Anda dapat menambahkan percakapan untuk tugas tertentu (pembuatan prospek, support ticket, dll.), templat respons bawaan, dan alur percakapan dengan cara ini. OneTalk juga akan membantu Anda meningkatkan pengalaman chatbot dengan menunjukkan keakuratan respons, bounce rate, dan sentimen umum percakapan Anda.

4. Uji chatbot Anda

Selanjutnya Anda dapat menguji chatbot Anda untuk memastikannya dapat berfungsi dengan baik. Lakukan evaluasi secara bertahap agar kualitas chatbot Anda terus meningkat sehingga ia bisa menyelesaikan berbagai masalah atau keluhan yang lebih kompleks.

Kehadiran chatbot yang telah terintegrasi dengan AI seperti chatgpt tentunya akan sangat membantu bisnis baik itu dalam skala kecil, menengah hingga raksasa. 

Seperti OneTalk dari TapTalk.io yang dapat membantu Anda untuk membuat bot WhatsApp dengan mudah. Anda juga dapat mengatur berbagai auto-reply dan Q&A path untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan bisnis Anda. 

Tunggu apalagi, segera buat bot WhatsApp, dan rasakan berbagai manfaatnya untuk pengembangan bisnis Anda.

Editor: Jeanny Aipassa

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut