5 BUMN Sepakat Gabungkan Bisnis Hotel

Suparjo Ramalan ยท Selasa, 15 September 2020 - 11:25 WIB
5 BUMN Sepakat Gabungkan Bisnis Hotel

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo. (Foto: iNews.id/Rully Ramli)

JAKARTA, iNews.id - Puluhan hotel di bawah naungan lima BUMN digabung menjadi satu manajemen. Hotel-hotel tersebut saat ini tersebar dan dikendalikan sejumlah BUMN dari Hotel Indonesia hingga Pertamina.

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, penggabungan dilakukan agar lima BUMN tersebut dapat menjalankan bisnis inti lebih optimal.

"Hotel-hotel milik BUMN memiliki lokasi yang sangat strategis, sehingga jika kita bisa fokus memberikan pelayanan yang baik, maka sangatlah mungkin hotel milik BUMN ini menjadi kebanggaan Indonesia," kata Tiko lewat pernyataan tertulis, Selasa (15/9/2020).

Lima perusahaan pelat merah tersebut yaitu PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Hotel Indonesia Natour (Persero), PT Pertamina (Persero), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, dan PT Pegadaian (Persero). Kelima BUMN menandatangani nota kesepahaman konsolidasi bisnis hotel BUMN pada Senin (14/9/2020).

Tiko mengatakan, kelima BUMN tersebut sepakat untuk menggabungkan 22 unit hotel dan dua hotel operator management. Dia menilai, kesepakatan itu menjadi langkah awal dan sebagai tindak lanjut dari rangkaian kesepakatan dan diskusi yang dilaksanakan serta arahan dari Kementerian BUMN.

Mantan direktur utama Bank Mandiri itu berharap, aksi strategis tersebut bisa mendukung program pemerintah di bidang pariwisata serta meningkatkan daya saing dan penciptaan nilai dari konsolidasi bisnis hotel BUMN.

Editor : Rahmat Fiansyah