Ada Usulan Bentuk Organisasi Negara Penghasil Nikel, Ini Pesan Menteri ESDM

Suparjo Ramalan ยท Minggu, 20 November 2022 - 19:04:00 WIB
Ada Usulan Bentuk Organisasi Negara Penghasil Nikel, Ini Pesan Menteri ESDM
Menteri ESDM Arifin Tasrif menilai perlu ada kesamaan visi negara-negara sumber daya nikel. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menilai perlu ada kesamaan visi negara-negara sumber daya nikel. Hal ini terkait adanya usulan pembentukan organisasi negara penghasil nikel oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Arifin mencatat, diperlukan kebijakan bersama jika beberapa negara penghasil nikel menyepakati pembentukan organisasi internasional, terutama terkait pemanfaatan nikel secara keseragaman. 

"Saya pikir ya, memang harus ada kesatuan visi di negara-negara dengan sumber daya alam nikel, itu bagaimana mereka memperlakukan material ini ke depan kebijakannya supaya ada keseragaman," ujar Arifin saat ditemui wartawan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (20/11/2022).

Meski cenderung menyepakati adanya oraganisasi tersebut, Arifin mewanti-wanti wadah serupa Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak Bumi (OPEC) itu justru memberlakukan kartel. Di mana, oraganisasi ini bisa menetapkan harga hingga membatasi komoditas energi tersebut. 

"Cuma satu pesan saya, ini jangan sampai jadi kartel," kata dia.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda