Akses Km 99 Tol Cipularang Arah Bandung Dibuka Selama Nataru
JAKARTA, iNews.id - PT Jasa Marga Tbk melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) Regional Division mengoperasikan akses keluar menuju Darangdan, Purawakarta di Kilometer (Km) 99 Jalan Tol Cikampek - Purwakarta - Padalarang (Cipularang) arah Bandung. Pengoperasian fungsional ini dilakukan selama Natal 2022 dan Tahun baru 2023 (Nataru) atau periode 18 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.
Hal itu berdasarkan surat Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). JMT Regional Division Senior General Manager Widiyatmiko Nursejati mengatakan, dibukanya akses Km 99 Jalan Tol Cipularang arah Bandung tersebut berfungsi mendistribusikan lalu lintas arus mudik, terutama menuju arah Purwakarta dan Bandung Barat, yang berpotensi mengalami peningkatan pada periode libur Nataru.
“Kami berharap, dengan dibukanya akses menuju Kecamatan Darangdan ini akan membantu memperlancar perjalanan masyarakat karena memiliki alternatif lainnya yang lebih dekat untuk menuju lokasi tujuan mereka," kata dia dalam keterangannya, Minggu (18/12/2022).
Dia menjelaskan, untuk tarif diakses fungsional tidak dikenakan tarif tambahan. Kendati demikian, disamakan dengan tarif menuju gerbang tol terdekat, yaitu Gerbang Tol (GT) Jatiluhur di Km 83.
Widiyatmiko menuturkan, bagi pengguna jalan dengan kendaraan golongan 1 yang menuju akses fungsional Darangdan Km 99 dari GT Kalihurip Utama (Km 67) akan dikenakan tarif Rp13.500, dari GT Sadang (Km 76) dikenakan tarif Rp 6.000, sedangkan dari GT Jatiluhur (Km 83) tidak dikenakan tarif.
“Kami mengingatkan akses ini hanya untuk menuju arah Purwakarta dan Bandung Barat, sedangkan untuk sebaliknya atau menuju arah Jakarta dari akses tersebut maka pengguna jalan harus menggunakan jalan nasional sekitar +/- 20 Km untuk kembali masuk ke jalan tol melalui GT Jatiluhur di Km 83,” tuturnya.
Pada pengoperasian fungsional periode Nataru, Jasa Marga menyediakan tiga gardu transaksi khusus golongan 1 nonbus dan nontruk, serta petugas layanan transaksi dan mobile reader untuk percepatan transaksi di gerbang tol. Untuk memastikan pengguna jalan terinformasi dengan baik terkait rencana pengoperasian akses ini, Jasa Marga telah melakukan sosialisasi melalui Dynamic Message Sign (DMS/papan informasi digital), spanduk, media sosial dan rambu-rambu petunjuk.
Editor: Jujuk Ernawati