Angkasa Pura II Siapkan Rp500 Miliar Kembangkan Bandara Raden Inten II Lampung

Rahmat Fiansyah ยท Sabtu, 12 Oktober 2019 - 20:20 WIB
Angkasa Pura II Siapkan Rp500 Miliar Kembangkan Bandara Raden Inten II Lampung

Penandatanganan kerja sama pengelolaan Bandara Raden Inten II kepada PT Angkasa Pura II (Persero). (Foto: Humas Kemenhub)

JAKARTA, iNews.id - PT Angkasa Pura II (Persero) kini menjadi operator Bandara Raden Inten II Lampung. BUMN yang bergerak di sektor ke bandarudaraan itu menyiapkan dana Rp500 miliar untuk mengembangkan bandara tersebut. 

Penyerahan hak kelola itu ditandai dengan penandatanganan kerja sama pengelolaan barang milik negara (BMN) antara AP II dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Jangka waktu pengelolaan selama 30 tahun. 

"Angkasa Pura II sendiri telah memiliki rencana pengembangan di Bandara Radin Inten II dengan nilai investasi Rp500 miliar untuk 30 tahun,” ujar Presiden Direktur AP II, Muhammad Awaluddin melalui keterangan tertulis, Sabtu (12/10/2019).

Dana tersebut, kata Awaluddin, akan digunakan untuk perluasan terminal penumpang pesawat dan pembangunan infrastruktur penunjang operasional seperti perluasan dan renovasi gedung kargo, pembangunan gardu listrik khusus, pembangunan akses jalan, pembangunan gedung operasional CCR dan Power Quality, serta infrastruktur lainnya.

"Salah satu tujuan pengembangan dan pembangunan yang dilakukan AP II adalah supaya Bandara Radin Inten II dapat menjadi embarkasi penerbangan haji dan umrah, selain tentunya mendukung perekonomian dan pariwisata di Lampung," tutur Awaluddin.

Menurut Awaluddin, penyerahan hak pengelolaan ini membuat APBN lebih hemat karena seluruh dana investasi dan operasional menjadi tanggung jawab AP II. Dalam kerja sama itu nantinya AP II akan membayar kontribusi tetap di samping pembagian hasil dengan Kemenhub.


Editor : Rahmat Fiansyah