Anies Minta Sepeda Masuk Tol, Menteri PUPR: Tidak Bisa

Rina Anggraeni ยท Rabu, 09 September 2020 - 21:34 WIB
Anies Minta Sepeda Masuk Tol, Menteri PUPR: Tidak Bisa

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengusulkan sepeda masuk tol. Usulan tersebut ditolak oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

"Ya tidak bisa karena adanya peraturan pemerintahnya yang sudah kita buat. Misalnya, jalan tol itu untuk kendaraan roda empat atau lebih. Kurang dari empat saja tidak boleh. Bemo saja tidak boleh kan? Apalagi sepeda," ujar Basuki di Jakarta, Rabu (9/9/2020).

Basuki mengaku sudah menerima permintaan dari Dinas Bina Marga dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta soal rencana memanfaatkan tol Cawang-Tanjung Priok untukperlombaan balap sepeda.

"Saya dapat laporan dari tim Bina Marga kalau itu dipakai sejalur saja pasti tidak boleh, itu menutup, makanya saat ini sedang dilakukan simulasi oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta," ucapnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta ingin menjadikan satu ruas jalan tol Cawang-Tanjung Priok sebagai jalur sepeda balap atau road bike.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo telah mengusulkan kepada Menteri PUPR untuk menyediakan ruas tol Cawang-Tanjung Priok sebagai arena balap. Dia beralasan, hal itu dilakukan karena tingginya animo masyarakat bersepeda.

"Tepatnya mulai di Kebon Nanas sampai dengan ke arah Priok, satu sisi yang akan digunakan sebagai jalur sepeda sementara," katanya beberapa waktu lalu.

Editor : Rahmat Fiansyah