Antisipasi Gejolak Ekonomi Global, Jokowi: Minimal 40 Persen Belanja Pemerintah untuk UMKM

Viola Triamanda ยท Minggu, 22 Mei 2022 - 16:33:00 WIB
Antisipasi Gejolak Ekonomi Global, Jokowi:  Minimal 40 Persen Belanja Pemerintah untuk UMKM
Presiden Joko Widodo. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meluncurkan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) #CahayaBangkaBelitung yang digelar secara hibrida pada Jumat (20/5/2022).

Melalui gerakan ini presiden RI mengajak seluruh masyarakat untuk mencintai, membeli, menggunakan, dan bangga dengan produk-produk dalam negeri.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk mencintai dan membeli produk-produk Indonesia,serta bangga menggunakan produk dalam negeri. Seluruh masyarakat bisa menjadi pembeli, pengguna sekaligus membantu memasarkannya. Produk tersebut bukan hanya barang, tapi juga objek wisata, baik wisata alam maupun wisata budaya. Tapi, harus diingat peningkatan pemasaran harus diikuti dengan kualitas produk dan pelayanan,” kata Jokowi. 

Menurut dia, perekonomian global yang bergejolak dapat diatasi dengan strategi membelanjakan uang, baik Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), swasta, maupun masyarakat untuk membeli produk dalam negeri.

“Minimal 40 persen belanja pemerintah pusat dan daerah, serta belanja barang dan modal Badan Usaha Milik Negara(BUMN) harus dialokasikan untuk membeli produk dalam negeri, terutama usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)," ujar Jokowi.

Selain bapak presiden, Gernas BBI bertema ”Laskar UMKM Bangka Belitung Mendunia” turut dihadiri secara daring oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Odo Manuhutu, diketahui menghadiri acara langsung di lokasi.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda