Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Komisaris Utama Pertamina Patra Niaga Tinjau SPBU Sepaku, Pastikan Kualitas BBM Terjaga
Advertisement . Scroll to see content

Bangun Interaksi, TASPEN Tingkatkan Kompetensi Pengelolaan Medsos

Selasa, 06 Februari 2024 - 20:24:00 WIB
Bangun Interaksi, TASPEN Tingkatkan Kompetensi Pengelolaan Medsos
PT TASPEN Persero meningkatkan kompetensi pengelolaan media sosial melalui Workshop Influencer 1.000 Manusia Bercerita di Hotel Merusaka, Nusa Dua, Bali. (Foto: dok TASPEN)
Advertisement . Scroll to see content

BALI, iNews.id – PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (TASPEN) (Persero) terus berupaya meningkatkan kepercayaan publik melalui beragam inovasi, salah satunya dengan memanfaatkan saluran komunikasi terkini. Untuk mengoptimalkan upaya ini, TASPEN turut berkontribusi dalam kegiatan “Workshop Influencer 1.000 Manusia Bercerita” di Hotel Merusaka, Nusa Dua, Bali, 1-3 Februari 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 300 peserta yang terdiri atas pimpinan BUMN Cabang Bali, CEO dan CFO Rumah BUMN setempat, dan influencer BUMN Bali, serta wilayah Nusa Tenggara. Kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi karyawan influencer perusahaan BUMN dan meningkatkan kompetensi pengelolaan media sosial guna mengamplifikasi konten atau berita mengenai BUMN.

Direktur Utama TASPEN A.N.S Kosasih mengatakan, pihaknya memahami pentingnya komunikasi yang erat dan terjalin dengan baik dengan masyarakat. Dengan berkembangnya teknologi komunikasi, hadirnya rekan-rekan influencer ini diharapkan dapat menciptakan koneksi emosional dengan seluruh stakeholders.

Hal ini, lanjutnya, sejalan dengan pernyataan Menteri BUMN Erick Thohir yang menyoroti peran penting karyawan influencer dalam menjembatani hubungan perusahaan BUMN dengan masyarakat.

"TASPEN berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan melalui beragam inovasi, salah satunya melalui saluran komunikasi yang mengikuti perkembangan teknologi. PT TASPEN menjadikan influencer BUMN sebagai kekuatan positif dalam membangun jalinan interaksi yang lebih kuat dengan publik di era digital," ujarnya.

Kegiatan yang merupakan bagian dari Program Influencer BUMN ini juga dilaksanakan di 8 kota lainnya, antara lain Medan, Palembang, Bandung, Malang, Yogyakarta, Balikpapan, dan Makassar dengan menghadirkan sejumlah pembicara, antara lain Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga, penulis Dewi Lestari, Co-founder Zando.id Tommy Surya Teja, dan konten kreator Reynaldi Francois.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan aktualisasi diri karyawan yang menjadi influencer dan menegaskan peran mereka dalam memajukan bisnis perusahaan serta membantu mendekatkan perusahaan dengan masyarakat. 

Selain mendapatkan pengetahuan mengenai storytelling, wawasan media sosial, dan struktur konten dari seluruh pembicara, para peserta berkesempatan melakukan pelatihan dengan membuat konten menarik dan kreatif terkait Pelabuhan Benoa Pelindo, Kawasan Mangrove CSR binaan PLN, dan PLTS Terapung. Sementara pada hari terakhir, peserta melakukan sesi olahraga fun run beserta games hiburan.

Melalui Staf Khusus III Kementerian BUMN, Arya Sinulingga, Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan karyawan BUMN yang bertindak sebagai influencer bisa menciptakan keterlibatan dan dukungan publik dalam membangun reputasi, citra, dan brand perusahaan. Informasi yang disampaikan oleh karyawan melalui media sosial menjadi sumber yang dapat dipercaya dan membentuk pandangan masyarakat.

"Sangat krusial bagi BUMN untuk memelihara dan mengembangkan peran karyawan sebagai influencer. Dukungan untuk mereka juga dapat dilakukan lewat pelatihan, menyediakan materi seperti aset visual, video dan panduan untuk diunggah, dan tentunya pengakuan akan kontribusi mereka terhadap BUMN juga menjadi hal penting," ujar Arya.

Berdasarkan data Kementerian BUMN, tingkat kepercayaan publik terhadap karyawan BUMN mencapai 77 persen. Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan bahwa karyawan BUMN yang berperan sebagai influencer dapat menciptakan keterlibatan dan dukungan publik.

Hal tersebut tentunya menjadi upaya untuk membangun reputasi, citra, dan brand perusahaan. Informasi yang diteruskan oleh karyawan melalui media sosial dianggap sebagai sumber yang dapat dipercaya dan membentuk pandangan masyarakat.

Editor: Rizqa Leony Putri

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut