Bea Masuk Produk Indonesia ke Australia Kini 0 Persen

Okezone ยท Senin, 06 Juli 2020 - 08:01 WIB
Bea Masuk Produk Indonesia ke Australia Kini 0 Persen

Melalui kesepakatan akses perdagangan IA-CEPA, seluruh bea masuk produk Indonesia ke Australia menjadi 0 persen. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia dan Australia menyepakati akses perdagangan antara kedua negara. Melalui langkah ini diharapkan Indonesia bisa memanfaatkan implementasi Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA).

“Melalui IA-CEPA, seluruh bea masuk produk Indonesia ke Australia menjadi 0 persen,” tulis akun Instagram Kemendag yang dilansir Senin (6/7/2020).

Kemendag menjelaskan, IA-CEPA berbeda dari perjanjian perdagangan bebas pada umumnya. Cakupan perjanjian yang diatur dalam kemitraan ini sangat luas dan komprehensif. “Bahkan, IA-CEPA dirancang untuk membentuk economic powerhouse antara Indonesia dan Australia,” katanya.

IA-CEPA akan menciptakan kesempatan baru dan iklim investasi lebih kondusif serta menjadi stimulan, khususnya di sektor pendidikan kejuraan dan vokasional, pendidikan tinggi, pertambangan, rumah sakit, panti jompo, telekomunikasi, pariwisata, konstruksi, energi, pengelolaan air limbah, transportasi dan jasa profesional.

“Semoga implementasi IA-CEPA dapat berjalan dengan lancar dan membawa keuntungan bagi kedua negara,” katanya.

Sebelumnya, untuk mendorong potensi diaspora Indonesia dalam memanfaatkan peluang pasar, Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Sydney dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Sydney menggelar webinar.

Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia Noviani Vrisvintati menyampaikan, melalui webinarini diharapkan dapat mendorong dan membuka wawasan para peserta dalam rangka pembinaan peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang ekspor impor, khususnya untuk memanfaatkan skema IA-CEPA.

Editor : Dani Dahwilani