Beijing Duduki Posisi Pertama Kota Miliarder, Terkaya Ada Bos TikTok Zhang Yiming

Djairan ยท Kamis, 08 April 2021 - 22:05:00 WIB
Beijing Duduki Posisi Pertama Kota Miliarder, Terkaya Ada Bos TikTok Zhang Yiming
CEO & Founder ByteDance, Zhang Yiming. (Foto: Okezone)

NEW JERSEY, iNews.id - Beijing menempati posisi pertama sebagai kota yang paling banyak ditempati para crazy rich. Ibu kota China itu menggeser posisi yang selama ini ditempati oleh New York.

Dikutip dari BBC, Kamis (8/4/2021), ada 33 miliarder baru di Beijing, sehingga saat ini ada 100 orang dengan kekayaan di atas 1 miliar dolar AS di kota terbesar ketiga di China itu.

Beijing melampaui New York yang memiliki 99 miliarder. Bekas ibu kota Amerika Serikat itu sebelumnya menempati posisi puncak dalam tujuh tahun terakhir. Namun, kekayaan para miliarder New York masih yang terbesar di dunia mencapai 80 miliar dolar AS.

Orang terkaya di Beijing saat ini adalah Founder TikTok, Zhang Yiming. CEO Bytdance tersebut memiliki kekayaan sebesar 35,6 miliar dolar AS, sekitar Rp516 triliun.

Meski terkaya di Beijing, harta Yiming masih kalah dengan orang terkaya di New York, Michael Bloomberg. Mantan Wali Kota tersebut mempunyai kekayaan 59 miliar dolar AS atau setara Rp855 triliun.

Keberhasilan China mengatasi pandemi Covid-19 dengan cepat mendorong kebangkitan banyak perusahaan, terutama teknologi. Selama pandemi, perusahaan-perusahaan teknologi justru semakin besar karena banyak orang berbelanja online dan mencari hiburan baru.

Secara keseluruhan, China melahirkan banyak miliarder tahun ini. Setidaknya, ada 210 orang kaya baru di Negeri Tirai Bambu, terbanyak di dunia. Separuh dari miliarder baru di China meneguk kekayaan dari sektor industri manufaktur dan teknologi, termasuk Kate Wang, perempuan yang meraih untung dari bisnis rokok elektrik.

Editor : Rahmat Fiansyah