Bentuk Holding Aviasi dan Pariwisata, Erick Thohir Sebut untuk Bantu Sandiaga Uno

Suparjo Ramalan ยท Kamis, 29 April 2021 - 11:58:00 WIB
Bentuk Holding Aviasi dan Pariwisata, Erick Thohir Sebut untuk Bantu Sandiaga Uno
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Menteri BUMN, Erick Thohir menyebut, pembentukan holding BUMN aviasi dan pariwisata bertujuan mendukung industri pariwisata dalam negeri. Holding tersebut memiliki induk usaha PT Penas (Persero).

Erick berharap holding BUMN aviasi dan pariwisata mampu memberikan pelayanan paripurna (one stop service) kepada masyarakat yang ingin berwisata.

"Dari transformasi yang kita lakukan salah satunya di klaster tourist dan pendukungnya sudah kita gabungkan, yang namanya Airport, Garuda, Hotel Indonesia, dan Sarinah itu menjadi satu kesatuan, tidak lain untuk mendukung Menteri Pariwisata (Sandiaga Uno) dimana kita bisa melakukan one top service," katanya, Kamis (29/4/2021).

Kementerian BUMN akan membentuk holding aviasi dan pariwisata yang terdiri atas empat klaster diisi delapan perusahaan. Keempat klaster tersebut yakni Airlines, Airports, Manajemen Destinasi, dan Service Aviasi dan Logistik.

Untuk klaster Airport diisi AP I dan AP 2. Klaster Manajemen Destinasi diisi ITDC, TWC, Hotel Inna, Aerowisata, Garuda Indonesia Holiday France. 

Sedangkan klaster Airlines ada Garuda Indonesia dan Pelita Air Service. Sementara klaster Aviasi dan Logistik di dalamnya ada Gapura, Angkasa Pura Solusi, GMF Indonesia, Garuda Indonesia Kargo, Angkasa Pura Kargo, Aero Express, Angkasa Pura Supports, Aerofood ACS, dan Sarinah. 

Erick menargetkan pembentukan klaster ini rampung tahun ini atau tahun depan.

Editor : Rahmat Fiansyah