Bill Gates Mengaku Lebih Bahagia di Masa Tua, Begini Alasannya

Rahmat Fiansyah ยท Rabu, 13 Maret 2019 - 23:31 WIB
Bill Gates Mengaku Lebih Bahagia di Masa Tua, Begini Alasannya

Bill Gates. (Foto: AFP)

CALIFORNIA, iNews.id - Orang terkaya nomor dua sejagat, Bill Gates sudah menginjak usia 63 tahun. Apakah pria dengan kekayaan hampir Rp1.400 triliun bahagia dengan hidupnya?

Dalam sesi tanya jawab di Reddit, dikutip Rabu (13/3/2019), Gates mengaku hidupnya bahagia. Bahkan, dia mengaku lebih bahagia di masa tua dibandingkan masa mudanya. Jawaban Gates dimulai dari sebuah pertanyaan dari pengikutnya, "Apa Anda bahagia?"

"Ya! Saat usia saya 30-an saya berpikir kalau mereka yang berusia 60-an tidak cerdas dan tidak asyik. Sekarang, saya berpikir sebaliknya. Tanya saya 20 tahun lagi dan saya akan beritahu Anda betapa cerdasnya orang dengan usia 80 tahun," tulis Gates.

Pengikut Gates lainnya memberikan pertanyaan lanjutan," Kalau begitu, apa yang membuat Anda bahagia?"

"Beberapa orang belakangan ini mengatakan ketika hidup anak-anak Anda berjalan dengan baik, itu rasanya sangat spesial, dan saya sebagai orang tua sepakat dengan itu. Kadang-kadang menjalankan komitmen yang telah kita buat seperti berolahraga lebih sering juga akan meningkatkan kebahagiaan," kata Gates.

Pendiri Microsoft itu mengakui bahwa statusnya sebagai seorang miliarder membantunya semakin bahagia. Dengan kekayaannya yang luar biasa banyak, Gates mengaku tidak lagi dipusingkan dengan biaya kesehatan dan pendidikan layaknya keluarga kelas menengah AS pada umumnya.

"Bebas dari kekhawatiran finansial merupakan anugerah yang nyata. Tapi tentu saja, Anda tidak membutuhkan miliaran dolar AS untuk sampai ke arah sana. Kita perlu mengerem pertumbuhan biaya-biaya itu (kesehatan dan pendidikan) sehingga bisa diakses oleh semua orang," kata dia.


Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2