Bos MR.DIY Masuk Daftar Orang Terkaya Malaysia, Kekayaannya Rp27 Triliun

Djairan ยท Sabtu, 10 April 2021 - 14:10:00 WIB
Bos MR.DIY Masuk Daftar Orang Terkaya Malaysia, Kekayaannya Rp27 Triliun
Founder & Executive Chairman MR.DIY, Tan Yu Yeh. (Foto: Ist)

KUALA LUMPUR, iNews.id - Tan Yu Yeh menjadi salah satu dari dua miliarder pendatang baru Malaysia yang dirilis Forbes. Pendiri MR.DIY itu mempunyai kekayaan 1,9 miliar dolar AS atau setara Rp27 triliun.

Dikutip dari Forbes, Sabtu (10/4/2021), perusahaan ritel home improvement tersebut didirikan Yeh pada 2005. Pada Oktober 2020, MR.DIY melantai di Bursa Malaysia, sehingga mengantarkan dia dan adiknya, Tan Yu Wei menjadi miliarder.

Yeh dan Wei mendirikan gerai MR.DIY pertamanya di Jalan Tuanku Abdul Rahman pada Juli 2005. Gerai tersebut mempunyai luas 1.000 meter persegi yang menjual alat-alat rumah tangga mulai dari peralatan listrik hingga alat tulis.

Yeh awalnya bekerja sebagai insinyur kemudian beralih profesi menjadi agen pialang saham. Lalu, dia memutuskan untuk membangun toko perkakas rumah tangga.

Sejak Mei 2020, dia menjadi Executive Chairman MR.DIY. Sementara adiknya menjadi Executive Vice President di perusahaan tersebut dengan fokus membidangi departemen logistik dan pengadaan. Kedua kakak beradik memiliki 50,6 persen saham MR.DIY.

Di belakang perusahaan juga ada Creador Funds yang kini tercatat sebagai pemegang saham terbesar kedua sekitar 15,2 persen. Managing Director Creador, Ong Chu Jin Adrian menjadi CEO MR.DIY. Bersama Yeh, Adrian menjalankan operasional day-to-day perusahaan.

Saat ini, gerai MR.DIY mencapai lebih dari 1.300 unit dengan separuh di antaranya berlokasi di Negeri Jiran. Di luar Malaysia. MR.DIY memiliki gerai di Singapura, Thailand, Indonesia Brunei Darussalam, Filipina, dan Kamboja.

Editor : Rahmat Fiansyah