Bos Spotify Gagal Beli Arsenal, Pemilik Stan Kroenke Tak Butuh Uang

Suparjo Ramalan ยท Minggu, 16 Mei 2021 - 18:47:00 WIB
Bos Spotify Gagal Beli Arsenal, Pemilik Stan Kroenke Tak Butuh Uang
CEO & Cofounder Spotify, Daniel Ek. (Foto: Reuters)

STOCKHOLM, iNews.id - CEO & Cofounder Spotify, Daniel Ek sempat mengutarakan niatnya untuk mengakuisisi klub sepak bola Inggris, Arsenal. Namun, tawarannya ditolak mentah-mentah oleh sang pemilik, Stan Kroenke.

Ek menegaskan keinginannya membeli Arsenal bukan isapan jempol karena dia merupakan penggemar klub itu sejak kecil. Dia meluruskan kabar yang menyebut tak ada tawaran dari dirinya.

"Ini penting dicatat. Minggu ini, tawaran disampaikan baik kepada Josh Kroenke dan bankir mereka -termasuk soal kepemilikan fans-, perwakilan direksi, dan pemegang saham istimewa dari suporter," kata Ek dilansir Bloomberg, Minggu (16/5/2021).

"Mereka bilang mereka tak butuh uang," kata Ek. Meski ditolak, dia mengaku masih tertarik membeli Arsenal. Dia siap mengajukan penawaran jika kondisi memungkinkan.

Berdasarkan perhitungan Forbes, valuasi Arsenal saat ini berada di kisaran 2,8 miliar dolar AS atau hampir Rp40 triliun. Kroenke yang memiliki harta 9,8 miliar dolar AS itu menguasai Arsenal beberapa tahun lalu senilai 2,3 miliar dolar AS.

Pada April lalu, Ek blak-blakan mengaku sebagai fans Arsenal dan siap mengajukan tawaran untuk membeli klub tersebut jika pemilik ingin melepasnya. Beberapa pemain legenda Arsenal seperti Thierry Henry, Dennis Bergkamp, dan Patrick Vieira disebut-sebut bakal bergabung dalam proyek ini.

Ek diketahui merupakan salah satu orang terkaya di Swedia. Sumber kekayaannya berasal dari platform musik streaming digital Spotify. Kekayannya ditaksir mencapai 3,5 miliar dolar AS.

Editor : Rahmat Fiansyah