BRI Bantu Nasabah UMKM Manfaatkan Platform Digital

Aditya Pratama · Senin, 29 Juni 2020 - 20:50 WIB
BRI Bantu Nasabah UMKM Manfaatkan Platform Digital

Bank BRI. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) membantu para pelaku UMKM di tengah pandemi Covid-19. Sektor yang menjadi nasabah terbesar bank pelat merah itu terdampak serius akibat pandemi.

Direktur Bisnis Mikro Bank BRI, Supari mengatakan, pelaku UMKM harus kreatif dalam memperluas akses pasar. E-commerce dinilainya menjadi platform yang tepat untuk mendukung hal tersebut.

"Kita sudah memetakan perubahan masyarakat dan kesulitan pelaku UMKM, paling basic kami melakukan pemberdayaan di literasi paling dasar sampai literasi digital semuanya free," ujar Supari dalam acara Kata Sandi yang dipandu Sandiaga Uno di iNews TV, Senin (29/6/2020).

Di masa pandemi, kata Supari, Bank BRI berupaya bagaimana UMKM bisa selamat dari keterpurukan. Menurut dia, UMKM tak boleh mati karena menjadi penopang utama perekonomian nasional.

"Mereka (UMKM) nggak boleh mati, kita membuka harapan dengan penyesuaian-penyesuaian terhadap kewajiban dan cashflow bersangkutan. Kami di BRI tidak bisa lagi sesuai kehendak bank," kata dia.

Supari mengungkapkan, pelaku UMKM yang menjadi nasabah BRI mencapai 12 juta orang. Dari jumlah itu, sekitar 30-40 persen terdampak Covid-19 dan mengajukan keringanan kredit.

Editor : Rahmat Fiansyah