BRI Luncurkan Layanan Customer Service Digital SABRINA
JAKARTA, iNews.id – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus berinovasi mengikuti perkembangan teknologi digital untuk memberikan kemudahan transaksi bagi para nasabahnya. Untuk itu, BRI meluncurkan layanan chatbot SABRINA, platform e-commerce Indonesia Mall serta memoles tampilan laman resmi korporat.
SABRINA (Smart BRI New Assistant) merupakan virtual assistant chat yang dihadirkan sebagai sebuah terobosan baru untuk memenuhi kebutuhan nasabah melalui layanan yang cepat, akurat, aman, dan nyaman. Layanan SABRINA memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) berbasis chat.
“Inovasi ini merupakan wujud komitmen BRI untuk memudahkan dan mendekatkan nasabah dalam menggunakan layanan perbankan BRI,” ujar Corporate Secretary Bank BRI Bambang Tribaroto, Senin (2/4/2018).
Sebagai bentuk dukungan terhadap pemberdayaan UMKM di Indonesia, BRI mengembangkan Indonesia Mall, platform e-commerce untuk mendorong UMKM go-online. Produk unggulan dari UMKM binaan BRI dapat langsung di akses di e-commerce rekanan dan dapat membantu UMKM tersebut untuk meningkatkan jangkauan penjualan produk mereka. Indonesia Mall sendiri dapat diakses melalui http://bit.ly/IndonesiaMall.
“Indonesia Mall merupakan salah satu strategi BRI untuk mendorong pelaku UMKM go online, memanfaatkan e-commerce untuk memperluas kapasitas dan kapabilitas sehingga mampu mendorong Indonesia menjadi negara ekonomi digital terbesar se Asia Tenggara,” ujar Bambang.
Dengan menggunakan Indonesia Mall, nantinya UMKM binaan BRI cukup mengunggah produk mereka satu kali dan dapat terhubung ke beberapa e-commerce sekaligus. Saat ini kerja sama dimulai dengan meluncurkan Indonesia Mall di platform lazada.co.id, bukalapak.com dan blanja.com. “Kami akan terus menjalin lebih banyak kerjasama dengan para pemain e-commerce besar agar semakin meningkatkan exposure produk UMKM lokal binaan BRI,” tutur Bambang.
Pada kesempatan yang sama, BRI juga melakukan pembaharuan tampilan laman resmi korporat, yakni www.bri.co.id. Bambang menerangkan, pembaharuan laman resmi korporat ini dilakukan untuk meningkatkan customer experience ketika mengaksesnya. “Selain itu, upaya ini merupakan langkah konkret perseroaan untuk meningkatkan keterbukaan informasi kepada publik,” tuturnya.
Perubahan laman BRI meliputi peningkatan kualitas, perubahan tampilan perwajahan (layout), aksesibilitas terhadap berbagai fitur, kontekstualitas konten, dan integrasi dengan SABRINA. “Keseluruhan pembaharuan laman website ini merupakan komitmen Bank BRI untuk menerapkan keterbukaan informasi di era teknologi digital sekaligus untuk memudahkan interaksi dengan masyarakat utamanya para nasabah BRI,” kata Bambang
Editor: Ranto Rajagukguk