Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Menkeu Purbaya Suntik Lagi Rp76 Triliun ke Perbankan, Bank Jakarta Dapat Rp1 Triliun
Advertisement . Scroll to see content

BRISPOT Permudah dan Percepat UMKM Dapat Pinjaman Modal Usaha

Jumat, 30 Juni 2023 - 21:28:00 WIB
BRISPOT Permudah dan Percepat UMKM Dapat Pinjaman Modal Usaha
Pimpinan Cabang BRI KC Jakarta Kalimalang Mochammad Syarif Budiman. Foto: MPI
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.Id - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) terus memaksimalkan penyaluran kredit untuk usaha mikro, kecil menengah (UMKM) pada tahun ini, dengan target pertumbuhan 10-12 persen. Untuk mencapainya, BRI melakukan transformasi digital, yaitu menciptakan BRISPOT yang telah memangkas waktu pemrosesan kredit dari 2 minggu menjadi hanya 1 hari. 

"Kini pengajuan pinjaman semakin efisien. Calon debitor tidak repot lagi mengantar berkas ke kantor. Semua cukup melalui smartphone," kata Pimpinan Cabang BRI KC Jakarta Kalimalang Mochammad Syarif Budiman, beberapa waktu lalu.

Selain digitalisasi memudahkan layanan kepada para nasabah, juga memudah BRI menjangkau calon-calon nasabah yang akan memulai bisnis. Menurut Syarif, BRI memiliki database berisi data nasabah dari beragam latar belakang, mulai dari PNS hingga pemilik UMKM yang bisa langsung dijangkau.

"Kita broadcast dan blast nasabah BRI untuk informasi pembiayaan," ujarnya.

Syarif menyebut, berdasarkan fakta di lapangan, banyak pensiunan PSN yang mengajukan pembiayaan di BRI untuk menambah modal usaha dan semua prosesnya cepat. Pasalnya,  data gaji dan uang pensiunan terekam baik di database.

"Misalnya nasabah instansi bisa pinjam Rp200 juta karena data gajinya ada di data BRI. Karena digital, enggak usah datang ke kantor untuk pengajuan tapi langsung kami tawarkan," ucap Syarif.

Meski fokus dalam pengembangan digital, kata Syarif, BRI senantiasa menyediakan cara agar seluruh segmen nasabah bisa mendapatkan akses layanan perbankan. Salah satunya diwujudkan melalui strategi hybrid bank.

Strategi tersebut diterapkan BRI dalam melakukan transformasi bisnis proses, inovasi model bisnis, dan tata kelola jaringan kerja dengan memadukan kapabilitas digital, jaringan fisik serta layanan penasihat keuangan.

"Harmonisasi antara digital dan layanan langsung akan menghadirkan layanan perbankan yang terintegrasi dan tersedia sesuai customer journey masyarakat Indonesia," ujarnya.

Syarif menjelaskan, layanan hybrid bank yang sudah diterapkan dan berhasil adalah layanan Mantri. Layanan ini banyak menjangkau UMKM, namun proses pengajuan pinjaman dilakukan secara digital.

"Mantri dan calon debitor tidak repot lagi mengantar berkas ke kantor, semua cukup melalui smartphone, enggak perlu ke kantor dulu kumpul berkas, semua digitalisasi, pakai BRISPOT. Jadi digitalisasi ini mempercepat proses pengajuan kredit," tuturnya.

Editor: Jujuk Ernawati

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut