Budi Daya Lobster, Menteri KKP: Jangan Lagi yang Menikmati itu Singapura dan Vietnam

Taufik Fajar ยท Selasa, 09 Februari 2021 - 20:40:00 WIB
Budi Daya Lobster, Menteri KKP: Jangan Lagi yang Menikmati itu Singapura dan Vietnam
Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono. (Foto: KKP)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Sakti Wahyu Trenggono akan menggalakkan budi daya lobster. Dia tidak ingin lobster diekspor dalam bentuk benih.

Trenggono menilai, budi daya lobster memiliki potensi yang besar bagi Indonesia. Syaratnya Indonesia harus menguasai metode budi daya yang baik.

"Saya yakin budi daya lobster ini akan menjadi produk unggulan Indonesia. Jadi jangan lagi yang menikmati lobster itu adalah Singapura dan Vietnam. Dan selama ini kita itu sudah dininabobokan, diambilin terus sama Singapura, lalu dikirim ke Vietnam," katanya saat rapat kerja dengan Komisi IV DPR, Selasa (9/2/2021).

Menurut Trenggono, Indonesia hanya mendapatkan keuntungan kecil dengan mengekspor benih lobster. Dengan budi daya, kata dia, nelayan dan pembudi daya akan mendapatkan lebih besar.

"Mereka (Singapura dan Vietnam) menikmati begitu besar, hanya melepas uang Rp23.000 per ekor sebagai basic price lobster pasir, serta yang mutiara Rp 70.000 per ekor. Maka itu apabila kita jalankan seperti itu, kemudian selisihnya itu kalau dia tahan sampai 1 tahun bisa 1 Kg bisa Rp1 juta lebih," tuturnya.

Editor : Rahmat Fiansyah