Bukan Lagi Yayasan Harapan Kita, TMII Bakal Dikelola BUMN

Dita Angga ยท Kamis, 08 April 2021 - 18:45:00 WIB
Bukan Lagi Yayasan Harapan Kita, TMII Bakal Dikelola BUMN
Menteri Sekretaris Negara Pratikno. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah resmi mengambil alih hak atas pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dari Yayasan Harapan Kita yang terafiliasi dengan Keluarga Cendana. Destinasi wisata di sebelah timur Jakarta tersebut nantinya dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Menteri Sekretaris Negara Pratikno memastikan, TMII akan dikelola secara profesional oleh orang-orang yang memiliki pengalaman di sektor pariwisata.

“Nanti Kemensetneg (Kementerian Sekretariat Negara) merumuskan kriteria siapa yang akan secara tepat profesional memperbaiki Taman Mini, kemudian memberikan kontribusi kepada keuangan negara secara signifikan,” katanya, Kamis (8/4/2021).

Pratikno mengungkapkan, kemungkinan besar pengelolaan TMII akan diserahkan kepada BUMN Pariwisata. Dengan begitu, pengelolaan TMII di masa mendatang akan lebih baik.

“Arahnya adalah ini akan meminta tolong salah satu BUMN pariwisata untuk mengelola TMII ini. Jadi dikelola oleh orang-orang yang profesional, lembaga yang profesional, dan harapannya akan jauh lebih baik dan memberikan kontribusi kepada keuangan negara,” ujarnya.

Mantan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) itu juga menepis isu Presiden Jokowi dan keluarganya akan membentuk yayasan baru untuk mengelola TMII

“Enggak benar sama sekali. Jangan dikira Pak Jokowi kemudian membentuk yayasan keluarga untuk mengelola. Sama sekali tidak,” ujarnya.

Editor : Rahmat Fiansyah