Butuh Dana untuk Investasi di Perusahaan Teknologi, Alfamart Gelar Right Issue

Aditya Pratama ยท Selasa, 04 Mei 2021 - 17:40:00 WIB
Butuh Dana untuk Investasi di Perusahaan Teknologi, Alfamart Gelar Right Issue
PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) akan menerbitkan saham baru lewat skema right issue. (Foto: ilustrasi/Okezone)

JAKARTA, iNews.id - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) akan menerbitkan saham baru lewat skema right issue. Dana yang diperoleh rencananya digunakan untuk berinvestasi di perusahaan teknologi.

"Perseroan berencana untuk melakukan penambahan modal dengan memberikan HMETD kepada para pemegang saham perseroan saat ini, dalam jumlah sebanyak-banyaknya 5.000.000.000 saham dengan nilai nominal Rp10 per saham," kata Corporate Secretary Alfamart, Tomin Widian, Selasa (4/5/2021).

Harga saham right issue jauh lebih rendah daripada harga pasar yang saat ini mencapai Rp935 per lembar. Apabila pemegang saham memutuskan tak mengambil, maka potensi saham terdilusi maksimal 10,75 persen.

Tomin mengatakan, dana dari hasil penerbitan saham baru tersebut akan digunakan untuk melakukan investasi pada perusahaan lain, penyertaan saham pada perusahaan teknologi untuk kolaborasi, dan belanja modal.

Dia yakin aksi korporasi ini bakal berdampak positif pada keuangan emiten dengan kode AMRT itu. Ekuitas perseroan akan semakin kuat sehingga kegiatan usaha bisa semakin berkembang di masa yang akan datang.

Untuk memuluskan rencana ini, manajemen Alfamart akan meminta persetujuan dari pemegang saham lewat Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar Kamis (6/5/2021).

Editor : Rahmat Fiansyah