Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Prabowo Instruksikan Seluruh Desa di RI Terlistriki, Target Tuntas 2030
Advertisement . Scroll to see content

Cara Tambah Daya Listrik Lewat PLN Mobile, Tak Perlu Khawatir Tarif Lebih Mahal

Minggu, 13 Maret 2022 - 10:51:00 WIB
Cara Tambah Daya Listrik Lewat PLN Mobile, Tak Perlu Khawatir Tarif Lebih Mahal
Cara tambah daya listrik lewat PLN Mobile, tak perlu khawatir tarif lebih mahal. (Foto: dok PLN)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Pelanggan listrik Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang mau menambah daya listrik bisa memanfaatkan layanan perubahan daya lewat aplikasi PLN Mobile. Pelanggan pun tak perlu khawatir tarifnya akan lebih mahal.
  
Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Agung Murdifi mengatakan, PLN Mobile mendukung electrifying lifestyle dengan memudahkan pelanggan melakukan segala aktivitas dengan menggunakan listrik. Masyarakat yang ingin menambah daya dan mengajukan pemasangan listrik bisa mengajukannya lewat aplikasi PLN Mobile yang telah terinstal di smartphone pelanggan.
  
"Prosesnya juga cepat, pelanggan tak perlu lagi datang ke kantor PLN. Petugas PLN akan langsung memproses permintaan layanan ke rumah pelanggan," kata Agung dalam keterangannya, Minggu (13/2/2022). 
  
Jika ingin menambah daya melalui aplikasi PLN Mobile, pelanggan tidak perlu khawatir dengan tarif listrik/kWh. Pasalnya, tarif listrik daya 1.300 VA nonsubsidi hingga 200.000 VA adalah sama, yaitu Rp1.444,70/kWh.
  
"Jadi pelanggan dapat melakukan tambah daya sesuai kebutuhan, tanpa perlu takut tarif akan lebih mahal, sehingga aktivitas sehari-hari pun dapat berjalan lancar tanpa adanya rasa takut listrik akan turun," ujarnya.
  
Berikut ini cara tambah daya lewat aplikasi PLN Mobile:

  1. Download aplikasi PLN Mobile di Google Playstore atau Apple Appstore.
  2. Pada halaman utama, pilih menu "Perubahan Daya".
  3. Akan muncul tampilan tahapan proses Perubahan Daya, pilih “Mulai.
  4. Pilih ID Pelanggan yang telah didaftarkan pada PLN Mobile atau masukkan ID Pelanggan atau No Meter Lain, kemudian pilih “Lanjutkan”
  5. Tentukan koordinat lokasi yang sesuai, pilih “Ya”.
  6. Lengkapi data Lokasi sesuai dengan keadaan sebenarnya, lalu pilih “Lanjutkan”.
  7. Pilih daya baru yang dibutuhkan, jenis koneksi (Pra/Pasca Bayar), peruntukan listriknya, kemudian pilih “Lanjutkan”.
  8. Pilih jenis permohonan, apakah untuk diri sendiri atau orang lain. Apabila untuk orang lain, maka data yang diisi adalah “Data Pelanggan” dan “Data Pemohon”. Setelah semua data terisi, pilih “Lanjutkan”.
  9. Akan muncul Ringkasan Data Permohonan. Pada halaman ini juga, masukan kode Voucher Promo Apabila sedang berlangsung program promo. Setelah itu pilih "Kirim Permohonan".
  10. Akan muncul tampilan “Syarat & Ketentuan”, pelanggan diharapkan untuk membaca dan memahami dengan cermat sebelum memilih “Setuju”.
  11. Setelah itu pelanggan akan diarahkan ke halaman pemberitahuan “Permohonan Berhasil”. Setelah memilih “OK”, akan muncul tampilan “Detail Permohonan”. Proses pun berlanjut setelah pelanggan memilih “Lanjutkan Pembayaran”.
  12. Setelah itu, akan muncul tampilan Metode Pembayaran. Pelanggan dapat melakukan pemilihan metode pembayaran dengan pilih “Ganti Metode Pembayaran”. Ada beberapa opsi pembayaran yang bisa dipilih seperti dompet digital maupun transfer bank melalui virtual account. Pilih salah satu metode pembayaran yang tersedia sebelum memilih “Bayar”.

Jika permohonan berjalan lancar, akan muncul pemberitahuan dari aplikasi PLN Mobile bahwa pembayaran telah berhasil. Setelah 2 hari kerja, petugas PLN akan menghubungi pelanggan untuk melakukan penjadwalan penambahan daya.
  
Petugas akan membuka meteran listrik, mengganti MCB, serta menyegel MCB yang baru. Untuk proses aktivasi pun cukup mudah, hanya dengan memasukkan token yang terdiri dari 16 digit sebanyak 2 kali.
  
Selanjutnya, petugas akan memasukkan token prabayar yang Anda beli saat permohonan tambah daya melalui aplikasi PLN Mobile. Tak sampai 10 menit, proses tambah daya melalui aplikasi ini selesai.
 
Agung menambahkan, dalam waktu dekat PLN akan mengalihkan layanan perubahan daya dari situs resmi layanan.pln.co.id ke aplikasi PLN Mobile. Dengan semakin lengkapnya fitur layanan yang disematkan dalam PLN Mobile diharapkan pelanggan dapat merasakan pengalaman yang lebih mudah, nyaman, dan cepat.
 
"Sebagai contoh, di PLN Mobile pelanggan tidak perlu mengisi alamat lengkap. Cukup menandai titik lokasi yang ada di peta dalam aplikasi, otomatis alamat lengkap terisi," ucap Agung.

Editor: Jujuk Ernawati

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut