Cinema XXI Bukukan Laba Bersih Rp742,3 Miliar Sepanjang 2023, Naik 18,9 Persen
JAKARTA, iNews.id - PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk (CNMA) membukukan laba bersih Rp742,3 miliar pada 2023, naik 47,1 persen dari 2022. Sejalan dengan laba, pengelola jaringan bioskop Cinema XXI ini menacatatkan pendapatan Rp5,2 triliun atau naik 18,9 persen.
Direktur Utama CNMA, Hans Gunadi menjelaskan, peningkatan kinerja tersebut diperoleh dengan fokus pada penjualan tiket bioskop, pengembangan produk makanan dan minuman, platform digital, serta iklan.
“Adapun total pendapatan Cinema XXI sepanjang 2023 berasal dari kontribusi penjualan tiket bioskop sebesar 60 persen, produk makanan dan minuman sebesar 35,4 persen, platform digital sebesar 2 persen, dan iklan sebesar 1,9 persen," ucap Hans dalam keterangan tertulis dikutip, Senin (11/3/2024).
Pada tahun lalu, perseroan melakukan ekspansi untuk kedua lini usaha utama, yakni bioskop serta produk makanan dan minuman. Di mana, perseroan membuka lokasi bioskop baru untuk memberikan akses seluas-luasnya bagi masyarakat untuk menonton film-film favorit mereka.
Sepanjang 2023, CNMA telah membuka 18 lokasi baru dengan tambahan 75 layar. Dengan demikian, hingga 31 Desember 2023 perseroan telah memiliki 240 bioskop dengan total 1.280 layar di 60 kota atau kabupaten yang tersebar di seluruh Indonesia.
Hal tersebut juga turut mendorong peningkatan penjualan tiket bioskop sebesar 25,7 persen dari 67,1 juta penonton pada tahun 2022 menjadi 84,3 juta penonton pada tahun 2023. Angka itu menghasilkan Gross Box Office (GBO) senilai Rp3,5 triliun.
Peningkatan jumlah penonton juga tercermin dari pendapatan lini usaha produk makanan dan minuman yang tumbuh 29,3 persen pada tahun 2023 menjadi Rp2 triliun dari Rp1,6 triliun pada periode yang sama tahun lalu. Peningkatan ini juga terefleksi dari pendapatan lini usaha produk makanan dan minuman dibandingkan pendapatan GBO sebesar 58,3 persen.
Hans menambahkan, kenaikan jumlah penonton film domestik memiliki kontribusi besar dalam meningkatkan pendapatan perseroan, sekaligus menunjukkan antusiasme dan dukungan masyarakat Indonesia terhadap industri film nasional.
Adapun, perseroan berencana menambah sekitar 100 layar baru sepanjang tahun 2024 yang tersebar di berbagai kota/kabupaten di seluruh Indonesia.
“Kami akan terus berkomitmen memberikan pengalaman menonton terbaik dan tanpa kompromi dengan harga yang terjangkau bagi seluruh masyarakat,” kata Hans.
Editor: Aditya Pratama