Covid-19, Bos Garuda: Jangan Kaget Kalau Dengar Maskapai Bangkrut

Michelle Natalia ยท Selasa, 06 Oktober 2020 - 13:20:00 WIB
Covid-19, Bos Garuda: Jangan Kaget Kalau Dengar Maskapai Bangkrut
Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 memberikan tekanan pada industri penerbangan. Saat ini, banyak maskapai yang kesulitan untuk bertahan akibat pembatasan aktivitas perekonomian.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Irfan Setiaputra menilai, bukan hal yang mengagetkan apabila ada maskapai yang bangkrut di tengah pandemi.

"Kalau situasi belum membaik tentu saja kita enggak perlu kaget mendengar maskapai yang menyatakan kepailitan," ujarnya dalam diskusi virtual, Selasa (6/10/2020).

Irfan menilai, maskapai yang pailit sangat merepotkan. Dampaknya luar biasa besar karena skala bisnis maskapai yang melibatkan banyak pihak.

"Karena itu, beberapa perusahaan melakukan upaya, misalnya menurunkan biaya operasi, untuk bisa bertahan sembari menunggu situasi membaik," katanya.

Mantan direktur utama PT INTI (Persero) itu memperkirakan, industri penerbangan baru akan pulih ke pra pandemi sekitar 2-4 tahun lagi. Dengan kata lain, industri ini baru akan normal paling cepat 2022 dan pulih total 2024.

"Ini menjadi tantangan bagi industri penerbangan, mampukah kita bertahan dua sampai empat tahun ke depan. Dan bagaimana mencari peluang di tengah kesulitan," ujar Irfan.


Editor : Rahmat Fiansyah