CVR Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Ditemukan, Menhub: Kita Bisa Tahu Apa yang Terjadi di Kokpit

Giri Hartomo · Rabu, 31 Maret 2021 - 13:10:00 WIB
CVR Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Ditemukan, Menhub: Kita Bisa Tahu Apa yang Terjadi di Kokpit
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Kotak hitam berisi Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di Perairan Kepulauan Seribu ditemukan. Penemuan perangkat tersebut terjadi pada Selasa (30/3/2021) malam.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menilai, penemuan CVR pesawat Sriwijaya Air ini sangat krusial. Pasalnya, data rekaman suara dalam CVR melengkapi Flight Data Recorder (FDR) yang ditemukan pada 12 Januari 2021.

Menhub mengatakan, Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah melakukan penyelidikan awal atas kotak hitam FDR.

"FDR akan paripurna apabila dilakukan penggabungan, kita tahu apa yang terjadi di kokpit yaitu pembicaraan pilot dan kopilot,” katanya saat jumpa pers di Dermaga JICT, Jakarta, Rabu (31/3/2021).

Menhub menyebut, data dalam CVR akan melengkapi data FDR yang sudah ditemukan. Dengan begitu, proses investigasi yang menyeluruh bisa lebih sempurna.

Mantan direktur utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu menambahkan CVR tersebut ditemukan tak jauh dari FDR. Pencarian lebih sulit karena telah tertutup lumpur. “Alhamdulillah semalam jam 20.00 WIB ditemukan tidak jauh dari ditemukannya FDR,” ujarnya. 

Editor : Rahmat Fiansyah