Dorong Esposure Layanan BRImo, BRI Kembali Jadi Sponsor Utama Liga 1

JAKARTA, iNews.id - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BRI kembali menjadi Sponsor Utama Liga 1 musim 2023–2024. Liga 1 pun diberi nama menjadi BRI Liga 1.
Direktur Utama BRI, Sunarso, membeberkan alasan kenapa BRI kembali menjadi Sponsor Utama Liga 1. Ini adalah kali ketiga BRI menjadi sponsor utama liga 1.
Menurut Sunarso, peran serta BRI sebagai sponsor utama Liga 1 tak terlepas dari tujuan yang hendak dicapai perseroan dalam menciptakan economic value dan social value di tengah masyarakat.
Hal itu, sesuai dengan profil BRI yang memiliki keinginan untuk melayani masyarakat luas dari berbagai segmen yang tersebar di seluruh Indonesia, mengingat sepak bola adalah olahraga rakyat yang paling digemari di Indonesia bahkan dunia.
"Kami menilai kompetisi BRI Liga 1 menjadi sarana yang efektif dan efisien untuk meningkatkan eksposure layanan dan produk BRI, terutama super apps digital banking yang menjadi andalan BRI yakni BRImo," ujar Sunarso beberapa waktu lalu.
Selama dua tahun belakangan menurut riset dari Nielsen partisipasi BRI sebagai sponsor utama Liga 1 telah berdampak positif terhadap peningkatan brand awareness BRI, dan juga brand produk BRI khususnya BRImo.
“Tahun 2022 indeks brand awareness BRI meningkat dari 83 pada tahun 2021 menjadi 85 di tahun 2022, angka tertinggi pada 5 tahun terakhir. Begitu juga indeks BRImo yang meningkat dari 59 menjadi 61 di tahun 2022,” tutur Sunarso.
Selaras dengan peningkatan brand awareness tersebut, BRImo yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2019 ini juga mencatatkan kinerja impresif. Sebagai gambaran pada 2 tahun terakhir jumlah pengguna BRImo telah meningkat lebih dari 2 kali lipat.
"Pada kuartal I tahun 2021, atau sebelum BRI menjadi sponsor liga, jumlah pengguna BRImo tercatat sebesar 11,1 juta user. Namun kini per Mei tahun 2023 pengguna BRImo sudah menembus angka 27,2 juta user," ungkap Sunarso.
Dari sisi volume transaksi, BRImo juga meningkat pesat, dimana hingga akhir Mei 2023 volume transaksi BRImo telah mencapai Rp1.547 triliun atau tumbuh 76,3 persen YoY. Hal ini memperkokoh posisi BRImo dipasar aplikasi mobile banking tanah air.
Selain itu kata Sunarso, BRI menjadi sponsos utama Liga 1 juga tak terlepas dari kajian LPEM Universitas Indonesia tahun 2020 yang menyatakan perputaran ekonomi dari kompetisi Liga 1 menciptakan perputaran uang antara Rp2,7 hingga Rp3 triliun dalam satu tahun.
Kemudian alasan ini juga semakin diperkuar dari hasil riset terbaru yang dilakukan oleh BRI Research Institute pada Juni 2023, yaitu Liga 1 berpotensi menciptakan perputaran uang hingga Rp9 Triliun.
Adapun rinciannya yaitu nilai tambah ekonomi (PDB) sebesar Rp4,8 triliun, pendapatan rumah tangga pekerja sebesar Rp1,8 triliun, potensi pendapatan pajak tidak langsung sebesar Rp721 miliar.
Tentu sebagai bank yang core bisnisnya tak terlepas dari UMKM, perputaran yang besar tersebut akan membantu banyak UMKM, baik yang bergerak dalam sepakbola maupun UMKM pendukung laiinya.
"Kita yakin event liga 1 dan perputaran uang yang besar tersebut akan membuka kesempatan kerja sekitar 44 ribu. Tentu lapangan kerja ini akan banyak di bisnis UMKM," tutur Sunarso.
Sementara Direktur PT LIB, Ferry Paulus, mengungkapkan bahwa sebagai operator liga 1, mereka mengapresiasi dan menyambut baik komitmen BRI untuk mendukung kompetisi BRI Liga 1 2023-2024.
Kepercayaan BRI ini akan diperjuangkan dengan sederet inovasi dalam format dan sistem yang semakin kompetitif dan seksi dalam spirit industrialisasi sepak bola nasional.
”Kami akan berupaya maksimal menjadikan kompetisi BRI Liga 1 2023/2024 sebagai hiburan berkelas bagi pecinta sepak bola Indonesia serta tentunya menjadi kebanggaan kita bersama,” kata Ferry Paulus.
Sementara itu Wakil Ketua PSSI, Zainudin Amali menyampaikan apresiasinya terhadap BRI yang masih percaya dan mau menjadi Sponsor Utama Liga 1.
"Terima kasih kepada BRI. Masih percaya dan mau menjadi sponsor liga 1. Tentu ini adalah penambah semangat bagi PSSI untuk mendorong transformasi sepak bola Indonesia,terutama tentang governance atau tata kelola," ujar Zainuddin.
PSSI pun berharap BRI Liga 1 musim ini dapat berjalan dengan lancar dan masyarakat dapat terhibur melihat kompetisi ini sehingga mendapatkan kepercayaan publik.
”Apapun yang dikerjakan, apabila publik tidak percaya, maka akan sulit mendapatkan dukungan," kata Zainuddin.
Editor: Jeanny Aipassa