Dorong Talenta Digital Dalam Jumlah Besar, Jokowi: Kita Beruntung Punya Mas Nadiem

Dita Angga ยท Rabu, 15 Desember 2021 - 13:55:00 WIB
Dorong Talenta Digital Dalam Jumlah Besar, Jokowi: Kita Beruntung Punya Mas Nadiem
Presiden Joko Widodo. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong pemerintah dan semua pihak untuk menyiapkan talenta digital dalam jumlah besar. Hal itu agar Indonesia siap menghadapi kemanjuan dunia digital dan mampu bersaing dengan negara-negara maju. 

Menurut dia, Indonesia membutuhkan strategi jitu dan cepat untuk melahirkan talenta-talenta digital dalam jumlah besar agar dapat memenuhi kebutuhan di segala lini dan tidak tertinggal jauh dari negara-negara lain.

“Sehingga saya sampaikan kepada menteri dan BUMN, kepada yang lain juga, waktu kita tidak banyak untuk bisa mengejar itu. Dan negara ini akan maju kalau kita bisa melompat, melahirkan talenta-talenta digital dalam jumlah besar, dan waktunya hanya dua tahun,” kata Jokowi, dalam sambutan saat Peresmian Gerakan Akselerasi Generasi Digital, Rabu (15/12/2021).

Dia mengungkapkan, hal tersulit yang dihadapi Indonesia saat ini adalah menyiapkan talenta digital dalam jumlah yang besar. Hal itu, membutuhkan perubahan sistem pendidikan dan juga kesiapan infrastruktur dan teknologi pendukung. 

Namun Jokowi mengaku merasa beruntung karena Indonesia saat ini memiliki Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, yang memang paham perkembangan teknologi.

“Kita perlu mentor-mentor yang memiliki kualifikasi yang baik untuk melahirkan talenta-talenta digital dalam jumlah besar, dan kita beruntung punya menteri pendidikan, Mas Nadiem, yang memiliki pengalaman di dalam perusahan teknologi. Untung banget kita. Saya tanya selalu dijawab dengan sangat cepat,” ujar Jokowi. 

Dia mengatakan, Mendikbudristek akan menyediakan talenta digital dengan program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar. “Ini gimana jumlahnya, Saya enggak mau hanya seribu, dua ribu, kita minta jutaan. Jawabnya (Nadiem Makarim, red), Bisa pak. Kampus merdeka, merdeka belajar itu jawabannya pak. Caranya? Ya, tadi yang sudah disampaikan oleh pak menteri tadi,” tutur Jokowi. 

Editor : Jeanny Aipassa

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda