Dukung Startup, Erick Thohir Akan Luncurkan BUMN Day

Suparjo Ramalan ยท Selasa, 18 Januari 2022 - 10:35:00 WIB
Dukung Startup, Erick Thohir Akan Luncurkan BUMN Day
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id - Menteri BUMN, Erick Thohir, berencana meluncurkan BUMN Day untuk mendukung startup di Indonesia. BUMN Day akan menjadi ekosistem bagi perusahaan pelat merah yang berkolaborasi dengan perusahaan rintisan Tanah Air. 

"Ini yang kita harapkan, kenapa nanti sekitar enam bulan lagi kita rencanakan juga ada yang namanya BUMN day untuk startup. Jadi kita coba bagaimana ekosistem yang ada di BUMN ini atau di dalam BUMN-nya juga harus bekerja sama dengan para startup dan anak-anak muda yang kita harapkan," ujar Erick Thohir, Selasa (18/1/2022). 

Menurut dia, BUMN Day berbeda dengan Merah Putih Fund yang sudah diluncurkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada akhir 2021. BUMN Day menitikberatkan kolaborasi BUMN dengan Startup, sedangkan Merah Putih Fund fokus pada investasi BUMN di Startup. 

"Ini terlepas dari Merah Putih Fund. Beda lagi, kalau Merah Putih Fund itu sudah jelas di mana kita melakukan investasi kepada startup yang pendirinya orang Indonesia, beroperasi di Indonesia, dan startup ini juga harus berkomitmen membesarkan dengan melakukan go public di Indonesia," ungkap Erick Thohir. 

Dalam beberapa kesempatan, Erick kerap mengutarakan keinginan besarnya untuk membangun ekosistem bagi startup di Indonesia. Dia mencatat, keberadaan ekosistem itu menjadi bukti hadirnya pemerintah. 

"Pemerintah hadir. Saya memastikan, BUMN akan membangun ekosistem untuk pelaku startup," kata Erick Thohir. 

Dirinya menjelaskan, bukti pemerintah hadir untuk pembangunan ekosistem bagi para pelaku startup di Indonesia tersebut, salah satunya adalah dengan meluncurkan program Merah Putih Fund yang merupakan inisiasi dari Kementerian BUMN.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: