Efisiensi, Samsung Tutup Permanen Pabrik TV di China

Djairan ยท Selasa, 08 September 2020 - 10:02 WIB
Efisiensi, Samsung Tutup Permanen Pabrik TV di China

Samsung Electronics. (Foto: AFP)

SEOUL, iNews.id - Produsen perangkat elektronik terbesar di dunia, Samsung Electronics memutuskan untuk menghentikan produksi dan menutup secara permanen pabrik TV satu-satunya di China pada akhir November 2020. Hal itu menjadi langkah terbaru perusahaan untuk beralih produksi dari negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut.

“Pabrik TV di wilayah Tianjin adalah satu-satunya basis produksi TV Samsung di China. Keputusan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan efisiensi di fasilitas produksi kami,” ujar juru bicara Samsung dalam pernyataan resmi, dikutip dari Reuters pada Selasa (8/9/2020).

Pabrik TV di wilayah Tianjin memiliki sekitar 300 pekerja. Meski berhenti beroperasi, raksasa elektronik asal Korea Selatan (Korsel) tersebut akan mempertahankan sejumlah pekerja potensial dan beberapa fasilitas produksi. Pabrik terakhir Samsung di China masih tersisa pada produksi peralatan rumah tangga di Suzhou, dan fasilitas produksi chip di Suzhou dan Xian.

Keputusan penutupan menyusul langkah Samsung yang mengonfirmasi secara terpisah minggu lalu, bahwa pihaknya akan menjual sebagian besar saham di unit produksi layar kristal cair (LCD) di wilayah Suzhou ke unit teknologi Optoelektronik TCL Technology Group. Pada Maret lalu, Samsung juga memutuskan mengakhiri semua produksi panel LCD di Korsel dan China pada akhir tahun ini.

Sebelumnya, pada Agustus lalu Samsung juga memutuskan akan menutup pabrik komputer terakhirnya di China menyusul penutupan pabrik smartphone dari Negeri Tirai Bambu itu sejak 2019 silam. 

Hal ini di tengah meningkatnya perang dagang antara China dengan Amerika Serikat (AS), ditambah pukulan dari pandemi Covid-19 yang membuat biaya tenaga kerja di China terus bertambah.    

Editor : Ranto Rajagukguk