Ekonomi Anjlok karena Covid-19, India Andalkan Petani di Desa

Djairan ยท Senin, 09 November 2020 - 23:26:00 WIB
Ekonomi Anjlok karena Covid-19, India Andalkan Petani di Desa
India kini tengah berjuang menghadapi kemerosotan ekonomi akibat Covid-19, yang tercatat anjlok 23,9 persen pada kuartal II tahun ini. (Foto: AFP)

NEW DELHI, iNews.id - India kini tengah berjuang menghadapi kemerosotan ekonomi akibat Covid-19, yang tercatat anjlok 23,9 persen pada kuartal II tahun ini. Saat ini, pemerintah India mulai mengandalkan salah satu mesinnya yang selama ini tidak terlihat dan sering diabaikan, yaitu petani.

Pemerintah, pengusaha hingga politisi sama-sama menaruh harapan pada sektor pedesaan, terlebih karena curah hujan yang tinggi memberi peluang rekor panen. Pendapatan siap pakai yang diprediksi tinggi dari para petani menjadi harapan India untuk meningkatkan konsumsi publik, mulai dari permintaan kendaraan, perabotan hingga perhiasan emas.

Berbeda dengan daerah perkotaan, di mana dampak lockdown ketat membuat pelaku bisnis tertatih-tatih meningkatkan penjualan mereka, disebabkan menurunnya permintaan dan tenaga kerja yang dipangkas. Pedesaan dan daerah pedalaman benar-benar menjadi harapan India.

“Permintaan di desa lebih kuat di seluruh kategori untuk produk kami, dibandingkan tahun lalu. Kami berharap ini bertahan selama tiga kuartal ke depan. Penjualan yang lebih tinggi di pasar pedesaan akan mengkompensasi kerugian kami,” ujar Srinivasu Allaphan, direktur perusahaan pembuat perlengkapan mobil JK Tire & Industries Ltd, dikutip dari Bloomberg Senin (9/11/2020).

Editor : Ranto Rajagukguk