Erick Thohir Beberkan Upaya RI Capai Target Ekonomi Terbesar ke-4 Dunia

Suparjo Ramalan ยท Minggu, 23 Januari 2022 - 22:06:00 WIB
Erick Thohir Beberkan Upaya RI Capai Target Ekonomi Terbesar ke-4 Dunia
Menteri BUMN Erick Thohir beberkan upaya RI capai target ekonomi terbesar ke-4 dunia. (Foto: Ist)

CIANJUR, iNews.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, pemerintah menggenjot sektor usaha mikro, kecil dan Menengah (UMKM) dengan produk lokal unggulan. Ini dilakukan sebagai upaya membentuk ekosistem perekonomian guna mengejar target Indonesia menjadi empat negara ekonomi terbesar di dunia pada 2045.

"Indonesia memiliki kekuatan secara geografis yang dapat meningkatkan perekonomian, namun selama ini, banyak pihak yang terjebak dan tidak fokus pada kekuatan ekonomi di Indonesia seperti industri pariwisata yang fokus pada wisatawan asing," kata Erick di Cianjur, dikutip Antara, Minggu (23/1/2022).

Dia menuturkan, sebelum pandemi Covid-19, tercatat transaksi wisatawan domestik mencapai Rp1.400 triliun dan transaksi dari wisatawan luar negeri hanya Rp300 triliun. Setelah pandemi, terjadi penurunan dalam transaksi wisatawan asing mencapai 70 persen, sedangkan wisatawan lokal hanya turun 30 persen.

"Ini cukup membuktikan kalau wisatawan lokal cukup menjanjikan dibandingkan wisatawan asing, sehingga perlu dibangun kekuatan ekonomi lokal yang tetap tinggi meski pandemi," ujarnya.

Untuk memanfaatkan pasar dan kekuatan lokal itu, Indonesia harus memiliki ekosistem ekonomi tersendiri. Salah satunya dengan memaksimalkan UMKM dengan produk unggulan yang dapat bersaing di semua pasar termasuk mancanegara.

Namun upaya tersebut, menurut Erick, membutuhkan kerja sama berbagai pihak mulai dari pusat hingga daerah. Dengan begitu, target menjadikan Indonesia sebagai negara posisi keempat terbesar di dunia secara ekonomi dapat tercapai.

"BUMN akan mendukung UMKM untuk meningkatkan perekonomian Indonesia, mulai dari pembinaan hingga permodalan. Namun harus ada kolaborasi semua pihak untuk mewujudkan peningkatan ekonomi," tuturnya.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel: