Erick Thohir Sebut Merah Putih Fund Diluncurkan Desember 2021 oleh Presiden Jokowi 

Antara · Sabtu, 27 November 2021 - 20:30:00 WIB
Erick Thohir Sebut Merah Putih Fund Diluncurkan Desember 2021 oleh Presiden Jokowi 
Erick Thohir menyampaikan bahwa Merah Putih Fund akan diluncurkan oleh Presiden Jokowi pada pertengahan Desember 2021. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo akan meluncurkan Merah Putih Fund pada pertengahan Desember mendatang. Merah Putih Fund merupakan pendanaan lokal untuk perusahaan rintisan (startup) asal Indonesia.

"Kita akan meluncurkan Merah Putih Fund didukung oleh Telkom dan Telkomsel," ujar Erick dalam Orasi Ilmiah Universitas Brawijaya, dikutip dari Antara, Sabtu (27/11/2021).

Selain dua perusahaan tersebut, Merah Putih Fund juga akan melibatkan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Selain itu, Erick menyebut, syarat startup untuk mendapatkan pendanaan dari program tersebut, yaitu pendirinya harus Warga Negara Indonesia, beroperasi di dalam negeri, dan melakukan penawaran umum perdana saham atau go public di Indonesia.
 
"Go public di luar negeri boleh, tetapi harus go public di Indonesia duluan," kata dia.
 
Selain itu, Erick juga menginginkan agar perusahaan pelat merah merangkul startup agar lebih nasionalis. Pasalnya, saat ini banyak perusahaan startup Tanah Air yang pindah ke Singapura dan meraih pendanaan dari pihak asing.
 
"Kami mengintervensi sebagai BUMN supaya mengingatkan future-future kreator Indonesia, future-future bisnisman di Indonesia untuk lebih nasionalis. Kita (Indonesia) besar karena market kita, bukan sekedar uang. Kami akan lakukan ini intervensi di digitalisasi," ucap Erick.

Editor : Aditya Pratama

Bagikan Artikel: