Erick Thohir Tunjuk Mantan Dirut Perum Perindo Jadi Dirut Perinus

Suparjo Ramalan ยท Jumat, 10 Juli 2020 - 18:27 WIB
Erick Thohir Tunjuk Mantan Dirut Perum Perindo Jadi Dirut Perinus

PT Perikanan Nusantara (Persero). (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Menteri BUMN, Erick Thohir menunjuk Farida Mokodompit menjadi Direktur Utama PT Perikanan Nusantara (Persero) atau Perinus. Farida sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama Perum Perindo.

Pergantian direksi, termasuk dirut perseroan tertuang dalam Keputusan Menteri (SK) BUMN nomor SK-232/MBU/07/2020 tanggal 9 Juli 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan PT Perikanan Nusantara.

Dalam SK tersebut, Erick memberhentikan dengan hormat Direktur Utama M. Yana Aditya dan Direktur Operasional dan Pemasaran J. Ronald A. Tanamal. Untuk posisi terakhir, diisi oleh Primawan Badri.

Farida sebelumnya menjabat sebagai Dirut Perum Perindo sejak Oktober 2018. Sedangkan Primawan Badri sebelumnya profesional berlatar belakang manajemen bisnis.

"Perinus dari dulu terkenal dengan daya juang, tidak ada daya juang yang berada di zona nyaman. Ketika kita berusaha dengan seluruh kemampuan kita, insyalAllah ada jalan. Apalagi saya lihat di Perinus banyak anak muda. Kami (direksi) siap bekerja dan meminta dukungan para karyawan Perinus," ujar Farida, Jumat (10/7/2020).

Selain direksi, Erick juga merombak dewan komisaris Perinus. Ranto Simanjuntak digeser dari komisaris menjadi komisaris independen. Adapun Nilanto Perbowo digantikan posisinya sebagai komisaris oleh Riza Damanik.

Riza bukan nama yang asing di dunia perikanan. Dia adalah Ketua Umum Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI). Saat ini beliau juga menjabat sebagai Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM.

Editor : Rahmat Fiansyah