Facebook Gelontorkan Rp293,9 Miliar Bantu Usaha Kecil Terdampak Corona

Djairan ยท Kamis, 21 Mei 2020 - 14:04:00 WIB
Facebook Gelontorkan Rp293,9 Miliar Bantu Usaha Kecil Terdampak Corona
Facebook. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Facebook mengucurkan Rp293,9 miliar untuk membantu usaha kecil terdampak Covid-19. Prioritas ini diberikan kepada pelaku usaha perempuan, minoritas dan veteran di Amerika Serikat (AS).

"Kami sangat memahami krisis saat ini begitu menghantam pelaku usaha kecil, mereka terdampak sangat parah," ujar Chief Operating Officer Facebook Sheryl Sandberg, Rabu (20/5/2020) waktu setempat.

Pada Maret lalu, Facebook telah menggelontorkan Rp1,4 triliun sebagai program hibah selama masa pandemi Covid-19. Sandberg mengatakan sebanyak Rp587,7 miliar diperuntukkan bagi bisnis yang terdampak corona di AS. Sedangkan setengahnya dikucurkan kepada usaha kecil yang paling terdampak senilai Rp293,9 miliar, yaitu pelaku usaha perempuan, minoritas dan veteran.

“Dalam beberapa minggu ke depan Facebook akan mulai mengirimkan uang itu ke bisnis terdampak, itu sudah menjadi tujuan kami," kata Sandberg.

Perempuan pertama di jajaran direksi Facebook itu mengumumkan hal tersebut sehari setelah peluncuran Facebook Shops, yaitu fitur baru yang memudahkan pelaku usaha kecil untuk mengunggah katalog produk mereka ke Facebook dan Instagram. 

"Facebook Shops adalah hal terbesar yang kami lakukan untuk membantu bisnis kecil. Idenya adalah, siapa pun dapat memiliki toko virtual secara gratis," kata dia.

Editor : Ranto Rajagukguk