Faisal Basri Kritik Proyek Ibu Kota Negara Jalan Terus di Tengah Corona

Aditya Pratama ยท Rabu, 13 Mei 2020 - 15:15 WIB
Faisal Basri Kritik Proyek Ibu Kota Negara Jalan Terus di Tengah Corona

Ekonom UI, Faisal Basri. (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah menjamin tidak ada pekerjaan fisik pembangunan ibu kota negara (IKN) selama pandemi virus corona. Namun, kajian terus dilakukan.

Ekonom Universitas Indonesia (UI), Faisal Basri mengatakan, pernyataan pemerintah soal IKN terkesan memaksakan agar proyek tersebut tetap berjalan apa pun yang terjadi.

"Proyek ibu kota jalan terus, tidak ada negara seberani ini bicara proyek ibu kota masih jalan terus, Kepala Bappenas mengatakan jalan terus," ujar Faisal, Rabu (13/5/2020).

Menurut Faisal, pemerintah seharusnya mengesampingkan urusan pembangunan ibu kota. Pasalnya, pemerintah saat ini bertanggung jawab memutus penyebaran Covid-19. Selain itu, ekonomi masyarakat saat ini juga tertekan.

"Rakyat susah, elit pesta pora," katnya.

Menurut Faisal, kondisi ini terjadi lantaran Indonesia menerapkan sistem ekonomi liberal yang menguntungkan elit. Dia curiga banyak elit yang memborong tanah di sekitar ibu kota baru.

"Dalam liberal economics itu dikatakan dalam menghadapi situasi krisis, yang dipilih itu adalah yang bisa mengamankan kepentingan elit dulu, jadi kalau sudah ambil proyek di ibu kota, mereka sudah spekulasi beli tanah, uang sudah banyak, tapi kalau ditunda, mereka akan kehilangan costnya, jadi mereka masa bodo, negara urusan nomor dua yang penting saya amankan dulu, ini yang saya takut," tuturnya.

Editor : Rahmat Fiansyah