Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Kepala Bapanas Beri Waktu 2 Pekan untuk Produsen 26 Merek Beras Premium Benahi Kualitas  
Advertisement . Scroll to see content

Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Barang dan Jasa

Rabu, 13 September 2023 - 11:21:00 WIB
Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Barang dan Jasa
Terdapat sejumlah faktor yang mempengaruhi penawaran barang dan jasa. (Foto: Ilustrasi/Istimewa)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Terdapat sejumlah faktor yang mempengaruhi penawaran barang dan jasa. Bagi Anda yang ingin mengetahui tentang faktor-faktornya simak penjelasan artikel di bawah ini.

Penawaran merupakan jumlah keseluruhan barang atau jasa yang tersedia di pasar untuk ditawarkan pada harga dan waktu tertentu. Selain itu, penawaran juga bisa diartikan sebagai banyaknya barang atau jasa yang tersedia dan bisa ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada setiap harga dalam waktu tertentu

Hukum Penawaran

Sebelum mengetahui faktor yang mempengaruhi penawaran barang dan jasa, Anda harus tahu terlebih dahulu tentang hukum penawaran 

Bunyi hukum penawaran:

Jika harga naik, penawaran meningkat. Kemudian, ketika harga turun, penawaran akan mengalami penurunan.

Hukum penawaran merupakan salah satu prinsip dasar dalam ekonomi yang menggambarkan hubungan antara harga suatu produk atau layanan dengan jumlah yang ditawarkan oleh produsen atau penjual.

Hukum penawaran merupakan salah satu konsep dasar dalam ekonomi mikro dan digunakan untuk memahami perilaku produsen atau penjual di pasar. Ini berinteraksi dengan hukum permintaan (law of demand) yang menjelaskan hubungan antara harga dan jumlah yang diminta oleh konsumen. Keduanya bersama-sama membentuk dasar analisis dalam ekonomi pasar. Setelah mengetahui tentang hukum penawaran, berikut ini adalah Faktor yang mempengaruhi penawaran barang dan jasa.

Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Barang dan Jasa

Berikut faktor yang mempengaruhi penawaran barang dan jasa:

1. Harga Barang

Harga barang adalah faktor yang paling utama yang mempengaruhi penawaran suatu produk atau layanan dalam hukum penawaran. Hukum penawaran menyatakan bahwa ada hubungan positif antara harga dan jumlah barang atau jasa yang ditawarkan. Dengan kata lain, ketika harga suatu barang atau jasa naik, produsen atau penjual cenderung akan lebih bersedia untuk menawarkan lebih banyak barang atau jasa ke pasar, karena mereka dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar.

2. Biaya Produksi

Biaya produksi adalah salah satu faktor utama yang mempengaruhi penawaran suatu produk atau layanan. Biaya produksi mencakup semua pengeluaran yang dikeluarkan oleh produsen atau perusahaan untuk memproduksi barang atau layanan tersebut.

Ketika biaya produksi meningkat, perusahaan mungkin akan lebih berhati-hati dalam menentukan berapa banyak barang atau jasa yang akan mereka tawarkan di pasar. Jika biaya produksi rendah, mereka mungkin lebih mungkin untuk menawarkan lebih banyak produk atau layanan pada harga yang lebih rendah.

3. Jumlah Produsen

Jumlah produsen atau pesaing yang memproduksi produk serupa juga dapat menjadi faktor yang mempengaruhi penawaran suatu produk di pasar. Jumlah produsen yang memproduksi produk serupa adalah faktor penting yang dapat mempengaruhi dinamika penawaran di pasar. Persaingan yang sehat antara produsen dapat memberikan manfaat bagi konsumen dalam bentuk pilihan yang lebih besar dan harga yang lebih kompetitif.

4. Proyeksi Keuntungan

Salah satu tujuan utama dari sebagian besar produsen atau perusahaan adalah mencari keuntungan tertinggi dari penjualan produk atau layanan mereka. Keuntungan adalah selisih antara pendapatan yang diperoleh dari penjualan produk atau layanan dengan biaya produksi yang dikeluarkan untuk memproduksinya. Mencapai keuntungan yang maksimal adalah salah satu indikator keberhasilan bisnis dalam model ekonomi yang berorientasi pada profitabilitas.

5. Persaingan Produk

Persaingan produk berpengaruh terhadap strategi dan keputusan produsen dalam menentukan berapa banyak barang atau jasa yang akan mereka tawarkan. Produsen bersaing produk dalam hal harga dan kualitas yang ditawarkan, inovasi produk.

6. Faktor Alam

Kondisi alam atau faktor-faktor lingkungan alam dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi penawaran produk atau layanan di pasar, Oleh karena itu, perubahan dalam kondisi alam sering kali menjadi perhatian penting dalam perencanaan bisnis dan manajemen risiko bagi produsen dan perusahaan.

7. Teknologi

Teknologi adalah salah satu faktor yang terus berkembang dan berperan penting dalam memengaruhi penawaran produk dan layanan di pasar. teknologi adalah salah satu faktor yang terus berkembang dan berperan penting dalam memengaruhi penawaran produk dan layanan di pasar.

8. Pajak

Pajak yang telah ditetapkan oleh pemerintah terhadap suatu produk dapat mempengaruhi kuantitas produk di pasar. Pajak ini sering disebut sebagai pajak konsumsi atau pajak barang dan jasa. 

Dengan demikian, pajak konsumsi adalah salah satu alat yang digunakan pemerintah untuk mengatur perilaku ekonomi dan mengumpulkan pendapatan. Pengaruhnya terhadap kuantitas dan harga produk di pasar adalah hasil dari interaksi antara penawaran dan permintaan, serta respon produsen dan konsumen terhadap perubahan dalam biaya yang ditimbulkan oleh pajak.

9. Kebijakan Pemerintah

Kebijakan pemerintah adalah salah satu faktor yang dapat memengaruhi penawaran produk atau layanan di pasar, Kebijakan pemerintah adalah alat penting dalam mengatur ekonomi dan dapat digunakan untuk mencapai berbagai tujuan, termasuk mengendalikan inflasi, mempromosikan pertumbuhan ekonomi, melindungi lingkungan, atau mengatur persaingan pasar. Oleh karena itu, kebijakan pemerintah dapat memiliki dampak signifikan pada dinamika penawaran dan permintaan di pasar.

Demikian ulasan faktor yang mempengaruhi penawaran barang dan jasa dan penjelasan tentang hukum penawaran. Semoga menambah informasi bagi pembaca iNews.id dimana pun berada.

Editor: Aditya Pratama

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut