Fresh Graduate yang Baru Punya Income Jangan Langsung Investasi, Lebih Penting Lakukan Ini

Iqbal Dwi Purnama ยท Rabu, 23 November 2022 - 19:37:00 WIB
 Fresh Graduate yang Baru Punya Income Jangan Langsung Investasi, Lebih Penting Lakukan Ini
Financial Planer, Herfina Edward, dalam Podcast Aksi Nyata Perindo, melalui kanal YouTube Perindo, Rabu (23/11/2022). (Foto: tangkapan layar)

JAKARTA, iNews.id - Para fresh graduate yang baru bekerja dam punya income atau penghasilan, disarankan jangan langsung mengalokasikan dananya untuk berinvestasi. 

Financial Planer, Herfina Edward, menyarankan para fresh Graduate yang baru punya income untuk tidak langsung lompat tangga mengalihkan semua dana ke Invetasi. 
 
Menurut dia, yang paling penting dilakukan oleh seseorang yang baru mempunyai income adalah membangun fondasi keuangan yang kuat melalui perencanaan keuangan.

"Orang yang baru punya income, jangan langsung investasi, karena harapannya pasti ingin cepat kaya, padahal secara fondasi keuangan, kurang oke perencanaan yang seperti itu," kata Herfina dalam Podcast Aksi Nyata Perindo, melalui kanal YouTube Perindo, Rabu (23/11/2022).

Dia menjelaskan, yang paling penting dalam mengatur keuangan adalah lebih dahulu mempersiapkan dana darurat, asuransi, dan ketika hal tersebut sudah terpenuhi maka barulah bisa melakukan investasi.

"Jadi kalau berbicara perencanaan keuangan itu harus ada step, mulai dari punya income, asuransi tenyunya, dana darurat, baru boleh Investasi," ujar Herfina. 

Dia mengungkapkan, fenomena yang terjadi saat ini justru banyak yang baru mempunyai income, langsung masuk ke Invetasi. Hal tersebut akhirnya berpotensi gagal dalam menghimpun uang, ketika portofolio investasi sedang buruk.

"Banyak tujuan itu tidak tercapai karena banyak yang langsung loncat tangga ke Invetasi, padahal banyak risiko financial dalam hidup yang bisa terjadi. Tetapi kalau kita punya fondasi keuangan yang kuat, hal ini bisa diminimalisir dan tujuannya bisa tercapai," tutur Hervina.

Editor : Jeanny Aipassa

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda