Garap Energi Baru Terbarukan, Bukaka Teknik Utama (BUKK) Dirikan Anak Usaha Baru

Dinar Fitra Maghiszha ยท Minggu, 22 Mei 2022 - 22:01:00 WIB
Garap Energi Baru Terbarukan, Bukaka Teknik Utama (BUKK) Dirikan Anak Usaha Baru
Logo PT Bukaka Teknik Utama Tbk (BUKK). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - PT Bukaka Teknik Utama Tbk (BUKK) mengumumkan pendirian anak usaha baru di bidang pengadaan listrik menggunakan energi baru dan terbarukan (EBT). Anak usaha BUKK yang bernama PT Tenaga Energi Hidro ini, berkedudukan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Direktur Utama BUKK, Irsal Kamarudin, mengatakan pendirian anak usaha ini akan bergerak di bidang pengadaan energi baru terbarukan, berupa energi listrik melalui pembangkit listrik tenaga air.

"Perseroan bersama dengan PT Bangun Daya Utama telah mendirikan perusahaan baru bernama PT Tenaga Energi Hidro, dengan maksud dan tujuan untuk berusaha di bidang pengadaan listrik," kata Irsal, dalam Keterbukaan Informasi, dikutip Minggu (22/5/2022).

Irsal menyatakan langkah ini dapat memberii dampak potensi tambahan pendapatan dan laba bagi perusahaan sebagai pemegang saham.

PT Tenaga Energi Hidro memiliki modal dasar sebesar Rp20 miliar, yang terbagi atas 20.000 saham, masing-masing bernilai Rp1 juta. Adapun modal yang ditempatkan dan disetor sebesar 25 persen atau berjumlah Rp5 miliar, yang terbagi atas 5.000 saham.

Dari sisi pemegang saha, Bukaka (BUKK) memiliki 2.250 saham atau senilai Rp2,25 miliar atau setara 45% dari total modal ditempatkan dan disetor. Sementara PT Bangun Daya Utama menggenggam 2.750 saham senilai Rp2,75 miliar, atau setara 55% dari total modal yang ditempatkan dan disetor.

"Tidak terdapat pengurus dari perseroan (BUKK) yang menjabat sebagai pengurus di PT Tenaga Eenrgi Hidro pada saat perusahaan ini didirikan," ungkap Irsal.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: