Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Program Desa Emas Bikin UMKM Lebih Percaya Diri dan Berkembang
Advertisement . Scroll to see content

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Wamenparekraf Angela Dorong Pelaku Ekraf agar Naik Kelas

Sabtu, 05 November 2022 - 18:52:00 WIB
Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Wamenparekraf Angela Dorong Pelaku Ekraf agar Naik Kelas
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo saat menghadiri Brightspot Market di Plaza Senayan, Jakarta, Jumat (4/11/2022). (Foto: Dok. Kemenparekraf)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaprekraf) Angela Tanoesoedibjo mengapresiasi ajang Brightspot Market 2022. Pada acara tersebut menampilkan produk-produk UMKM dan brand lokal buatan anak bangsa.

Wamenparekraf Angela, yang juga Wakil Ketua Umum Partai Perindo Bidang Ekonomi Digital & Kreatif itu, saat menghadiri Brightspot Market di Plaza Senayan, Jakarta, Jumat (4/11/2022) menyampaikan, pemerintah akan terus mendorong para pelaku ekonomi kreatif agar bisa naik kelas.

“Kemenparekraf akan terus mendukung dan berusaha meningkatkan kualitas UMKM di Indonesia melalui event-event seperti ini dan juga salah satunya melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia,” ujar Angela dalam keterangannya dikutip, Sabtu (5/11/2022). 

Lebih dari 99,9 persen total pelaku usaha berasal dari UMKM. Sektor tersebut menyerap 97 persen dari total tenaga kerja nasional dan memberikan kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia sebesar 57 persen.

“Fenomena ini menjelaskan bahwa UMKM merupakan usaha yang produktif untuk mendukung perekonomian secara makro dan mikro di Indonesia, serta mempengaruhi sektor-sektor yang lain agar turut berkembang. Untuk itu, saya berharap para pelaku ekonomi kreatif di Indonesia dapat melihat ini sebagai peluang, sehingga dapat turut mengambil peran dalam pengembangan UMKM,” ucap Angela.

Saat hadir di pameran yang berlangsung pada 3-6 November 2022 itu, Wamenparekraf sempat mencicipi beberapa produk dari pelaku UMKM salah satunya The Coffee Academic dimana olahan minuman kopi yang kekinian saat ini semakin digandrungi generasi muda.

Brightspot Market 2022 hadir mengusung tema “Renew” yang menghadirkan produk lokal yang telah terkurasi di beberapa kategori, seperti retail dan kuliner. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat sekaligus menikmati musik dan berbagai hiburan lainnya.

Terdapat 200 tenant yang tampil di Brightspot Market. Pemeran kali ini mengusung konsep One Stop Shopping dan penerapan conscious buying yang mengedepankan konsumen agar memilih produk lokal dibanding produk luar sebagai bentuk pemberdayaan sumber daya dalam negeri dan menumbuhkan rasa bangga terhadap produk lokal. 

Hadir mendamping Wamenparekraf Angela Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Kemenparekraf/Baparekraf Muhammad Neil El Himam; dan Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Ni Made Ayu Marthini.

Editor: Aditya Pratama

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut