India Bakal Batasi Ekspor Gula hingga 10 Juta Ton

Aditya Pratama ยท Kamis, 26 Mei 2022 - 06:55:00 WIB
India Bakal Batasi Ekspor Gula hingga 10 Juta Ton
India memutuskan untuk membatasi ekspor gula hingga 10 juta ton untuk musim pemasaran yang berlangsung hingga September 2022. (Foto: Ilustrasi-iNews/Hana Purwani)

NEW DELHI, iNews.id - India memutuskan untuk membatasi ekspor gula hingga 10 juta ton untuk musim pemasaran yang berlangsung hingga September 2022. Hal ini dilakukan demi menjaga harga di dalam negeri tetap terkendali.

Dikutip dari CNN Business, pembatasan ini dilakukan beberapa pekan setelah India melarang ekspor gandum karena gelombang panas. Penjual ekspor juga telah diimbau untuk mendapatkan izin khusus dari pihak berwenang untuk setiap ekspor gula antara 1 Juni hingga 31 Oktober 2022.

Langkah untuk membatasi ekspor ini datang pada saat inflasi ritel tahunan mencapai 7,8 persen per April, atau menyentuh level tertinggi dalam delapan tahun terakhir. Hal ini sekaligus meningkatnya perlindungan pangan di seluruh dunia, karena produsen utama mengekang ekspor pertanian menambah kejutan pasokan yang dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina pada Februari.

Menurut data pemerintah, pada tahun pemasaran yang berlangsung dari Oktober 2021 hingga September 2022, pabrik gula India sejauh ini telah menandatangani kontrak ekspor sekitar 9 juta ton. Dalam periode 12 bulan sebelumnya, negara tersebut mengirimkan 7 juta ton gula ke luar negeri, jumlah tertinggi dalam beberapa tahun terakhir.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda