Indonesia Akan Ekspor Pupuk Urea 120.000 Ton per Tahun ke Korea Selatan

Dominique Hilvy Febriani · Rabu, 08 Desember 2021 - 18:40:00 WIB
Indonesia Akan Ekspor Pupuk Urea 120.000 Ton per Tahun ke Korea Selatan
Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Perindustrian Korea Selatan Moon Sung-wook (7/12/2021) terkait ekspor pupuk urea ke Korea Selatan sebanyak 120.000 ton. Foto: Dok Kemenlu

JAKARTA, iNews.id - Indonesia akan mengekspor pupuk urea sebanyak 120.000 ton per tahun ke Korea Selatan selama tiga tahun ke depan. Pengiriman pertama akan dimulai pertengahan bulan ini. 

Itu merupakan komitmen yang dituangkan dalam Nota Kesepahaman antara Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Perindustrian Korea Selatan Moon Sung-wook pada Selasa (7/12/2021).

“Berdasarkan Kesepakatan tersebut, pengiriman pertama sebesar 10.000 ton urea akan mulai dilakukan pada pertengahan Desember 2021,” demikian bunyi keterangan KBRI Soul sebagaimana dikutip di laman Kementerian Luar Negeri RI, Rabu (8/12/2021).

Sejak Oktober lalu, Korea Selatan kekurangan pupuk urea yang merupakan bahan esensial bagi kendaraan berbahan diesel guna mengurangi emisi. Korea memandang Indonesia sebagai mitra yang dapat diandalkan dalam memenuhi kebutuhan urea. 

Adapun volume produksi urea Indonesia cukup besar. Di samping itu, tingkat kerja sama ekonomi bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan yang erat dan letak geografis yang relatif dekat.

Sementara penandatanganan kerja sama pengiriman pupuk urea tersebut disaksikan poleh Dubes RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto Soeherman, dan Dubes Korea Selatan untuk Indonesia, Park Tae Sung.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel: