Infrastruktur Jalan Terus, Menteri PUPR: Bukti Hidup Bisa Berdampingan dengan Corona

Suparjo Ramalan ยท Minggu, 17 Mei 2020 - 14:40 WIB
Infrastruktur Jalan Terus, Menteri PUPR: Bukti Hidup Bisa Berdampingan dengan Corona

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. (Foto: Humas PUPR)

JAKARTA, iNews.id - Proyek infrastruktur terus berjalan di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Hal tersebut dinilai menjadi bukti jasa konstruksi bisa berdampingan dengan corona.

"Kita sudah membuktikan ini, jasa konstruksi ini bisa hidup berdampingan dengan Covid-19, jalan terus," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, Minggu (17/5/2020).

Menurut Basuki, pandemi virus corona tak lantas membuat pengerjaan infrastruktur berhenti. Namun, protokol kesehatan, termasuk jaga jarak (physical distancing) harus tetap menjadi prioritas.

Basuki telah mengeluarkan Instruksi Menteri (Inmen) No 2 tahun 2020 yang isinya proyek infrastruktur tetap dikerjakan. Namun, proyek boleh saja dihentikan jika ada permintaan dari pelaksana proyek.

"Dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, jasa konstruksi tidak pernah berhenti, sesuai Inmen 2/2020, akan berhenti kalau ada permintaan dari pelaksana, seperti proyek Serang-Panimbang karena pekerjanya ada yang kena Covid-19," ujarnya.

Lulusan Teknik Sipil Colorado University itu mengatakan, proyek infrastruktur harus tetap jalan karena mendorong perekonomian. Namun, dia menekankan pentingnya inovasi dalam setiap proyek yang dikerjakan agar efeknya maksimal bagi masyarakat.

"Saya selalu challenge (tantang), apa yang bisa dibanggakan dari proyek ini. Bangun puluhan bendungan, tol, apa inovasinya, apa bedanya, begitu. Sekecil apapun inovasinya, ini sangat baik," katanya.

Editor : Rahmat Fiansyah