Jadi Dirut Bank Danamon, Ini Profil Yasushi Itagaki

Rahmat Fiansyah ยท Selasa, 03 September 2019 - 12:02:00 WIB
Jadi Dirut Bank Danamon, Ini Profil Yasushi Itagaki
Yasushi Itagaki. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - PT Bank Danamon Tbk bakal memiliki direktur utama baru mulai 1 Oktober 2019. Posisi tersebut akan diisi oleh wajah baru, Yasushi Itagaki.

Pria asal Jepang tersebut menggantikan Sng Seow Wah asal Singapura yang akan pensiun. Seow telah memimpin Bank Danamon sejak diangkat dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) 2015.

Keputusan menunjuk Yasushi tidak terlepas dari proses merger antara Bank Danamon dengan Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG). Yasushi saat ini menjabat sebagai Managing Executive Officer Unit Bisnis Global The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ (MUFG Bank), anggota MUFG.

Yashusi merupakan bankir berpengalaman. Pria lulusan hukum Kyoto University itu memulai karier profesionalnya di Bank of Tokyo pada 1987. Selama kariernya, dia telah memegang sejumlah jabatan penting, termasuk melewati proses merger antara Bank of Tokyo dan Mitsubishi UFJ menjadi MUFG Bank.

Sebagai kepala manajer dari divisi perencanaan global MUFG Bank, Yashusi ikut terlibat dalam aksi korporasi penting. Di antaranya privatisasi Union Bank of California dan memimpin investasi MUFG di Morgan Stanley saat krisis finansial 2008 terjadi.

Pada 2013-2015, Yashusi ditempatkan di Singapura untuk mempersiapkan kantor pusat regional MUFG Bank untuk wilayah Asia & Oceania. Jabatan yang diembannya saat ini membuatnya bertanggung jawab penuh atas perencanaan strategis untuk mendukung ekspansi global sekaligus membuka jaringan untuk MUFG Bank.

Di ASEAN, Yashusi memainkan peran penting dalam kemitraan strategis MUFG Bank dengan bank-bank lokal seperti Krungsri (Thailand), Security Bank (Filipina), VietinBankz (Vietnam), dan Bank Danamon (Indonesia).

Editor : Rahmat Fiansyah