Jangan Sampai Keteteran, Ini Cara Mengatur Waktu untuk Double Job
JAKARTA, iNews.id- Cara mengatur waktu untuk double job sangat diperlukan agar kamu tidak keteteran. Karena meskipun mendatangkan untung berlipat, terkadang memiliki double job atau pekerjaan ganda bisa membuat kamu kesulitan.
Di masa sekarang ini, banyak orang yang menjalani double job. Namun patut diingat, cara mengatur waktu untuk double job bisa membuat kamu terhindar dari permasalahan di tempat pekerjaan utama.
Berikut ini, cara mengatur waktu untuk double job agar kamu tidak keteteran:
1. Cari Tahu Top Energy Level Time
Maksudnya adalah kamu dapat mengenali kapan mood kamu berada posisi puncak. Dengan begitu apapun kesulitan kamu dalam menjalankan pekerjaan sampingan akan terasa ringan. Bagi orang yang memiliki double job, maka pekerjaannya akan sangat bergantung dari mood.
Untuk itu sebisa mungkin begitu kamu memutuskan untuk menambah pekerjaan sampingan, siapkan mood booster terlebih dahulu. Dengan begitu pembagian waktu dan kerjaanmu akan lebih mudah.
2. Cari Kelemahan dan Kelebihan Dirimu Sendiri
Langkah kedua, kamu bisa mencari tahu kelemahan dan kelebihan diri kamu sendiri. Jadikan itu sebagai acuan untuk mengatur waktumu dalam menjalankan pekerjaan sampingan.
Misalnya kamu sebagai karyawan sebuah perusahaan. Pulang kerja dari kantor pukul 15.00. Kamu bisa memanfaatkan waktu setelah pulang kerja untuk menjalankan pekerjaan sampingan. Itulah bagian dari kelebihanmu.
Artinya kelemahanmu adalah tidak bisa mengerjakan pekerjaan sampingan di jam-jam kerjamu.
3. Manfaatkan Cuti dan Hari Libur
Cuti kamu bisa dimanfaatkan untuk fokus pada pekerjaan sambilan. Selain cuti bisa juga memanfaatkan waktu liburmu. Kadang seseorang tidak dapat mengerjakan pekerjaan sampingan dengan fokus. Alasannya, beban kerja pada pekerjaan utama cukup berat.
4. Alokasikan Pekerjaan dengan Tepat
Kamu dapat mengalokasikan pekerjaan secara tepat. Maksudnya pada pekerjaan yang memiliki tingkat kesulitan tinggi akan bisa dikerjakan dengan mudah waktu energi kamu dalam posisi yang tinggi juga.
Sebaliknya, apabila pekerjaan itu berat dikerjakan pada saat kamu kurang bersemangat maka hasilnya tidak akan maksimal.
5. Rencanakan Pekerjaan
Hal yang cukup penting sebelum kamu memulai pekerjaan sampingan adalah dengan membuat rencana. Untuk itu, susunlah rencana pekerjaan dengan matang. Termasuk alokasi waktu dan juga desk jobnya.
Usahakan rencanakan hingga ke detail pekerjaan. Jangan sampai ada yang terlewat. Karena dari perencanaan yang matang itulah kita dapat memulai pekerjaan sampingan yang nyaman dan terarah. Pekerjaan utama tetap berjalan sebagaimana mestinya.
Demikian cara mengatur waktu untuk double job yang perlu Anda lakukan agar tak keteteran. Ternyata tidak sulit ya. Silakan kamu coba siapa tahu jadi solusi bagi kamu dalam mengatur waktu untuk double job.
Editor: Jeanny Aipassa