Jasa Marga Siapkan Sistem Pembayaran Tol Tanpa Berhenti

Antara ยท Jumat, 12 Juni 2020 - 00:30 WIB
Jasa Marga Siapkan Sistem Pembayaran Tol Tanpa Berhenti

Jasa Marga menyiapkan teknologi pembayaran Nir Henti (tanpa berhenti) dengan terus menguji coba pembayaran tol Single Lane Free Flow (SLFF). (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mempersiapkan teknologi pembayaran Nir Henti (tanpa berhenti) dengan terus menguji coba terbatas pembayaran tol Single Lane Free Flow (SLFF). Seperti apa sistem ini?

"Jasa Marga telah mempersiapkan implementasi teknologi pembayaran Nir Henti dengan terus menguji coba terbatas pembayaran tol Single Lane Free Flow (SLFF) with barrier dengan teknologi Radio Frequency Identification (RFID) berbasis server, yang dikenal dengan nama FLO, baik di Pulau Jawa maupun Bali," ujar Corporate Secretary Jasa Marga, M Agus Setiawan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/6/2020).

Agus menuturkan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jalan, sepanjang 2019 Jasa Marga juga meningkatkan pelayanan dengan memberlakukan perubahan sistem transaksi dan pengembangan teknologi operasi.

Menjelang periode mudik Lebaran 2019, Jasa Marga mengubah sistem transaksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek dengan merelokasi titik transaksi Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama ke GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama.

"Dengan perubahan sistem transaksi, serta pemberlakuan rekayasa lalu lintas one way, Jasa Marga mencatat rekor tertinggi melayani lebih dari 166.000 kendaraan saat arus balik Lebaran 2019 di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Jumlah ini meningkat hampir tiga kali lipat dari lalu lintas harian normal," kata Agus.

Keseharian pelayanan operasional juga terus ditingkatkan dengan menerapkan teknologi dalam bidang pelayanan serta pengendalian lalu lintas. Di antaranya mengimplementasikan Weigh In Motion (WIM) dalam pengendalian atas dimensi dan beban tonase muatan angkutan truk, Smart CCTV untuk memantau kecepatan kendaraan yang dilengkapi Automatic Number Plate Recognition System serta OAB (Oblique Approach Booth) atau dikenal dengan gardu miring, yang dapat direlokasi dalam waktu kurang dari 2 x 24 jam.

Dia menyebutkan, pencapaian Jasa Marga dalam 2019 ini selaras dengan komitmen Jasa Marga dalam percepatan pembangunan jalan tol dalam mendukung rencana pemerintah mewujudkan pertumbuhan ekonomi dan konektivitas antarwilayah. Bertolak dari visi tersebut, Jasa Marga juga tak henti berinovasi, baik dalam bidang operasional, pengembangan usaha, maupun pendanaan, sehingga dapat melayani masyarakat dengan lebih optimal, khususnya pengguna jalan tol.

Editor : Dani Dahwilani