Jelang World Superbike 2021, ITDC Akan Siapkan 20.000 Kamar Hotel di Mandalika

Hafid Fuad ยท Senin, 15 November 2021 - 16:41:00 WIB
Jelang World Superbike 2021, ITDC Akan Siapkan 20.000 Kamar Hotel di Mandalika
Jelang ajang balap motor World Superbike (WSBK) Indonesia 2021, ITDC berencana menyediakan total 20.000 kamar hotel berbintang di dalam kawasan The Mandalika. (Foto: MNC Portal Indonesia)

JAKARTA, iNews.id - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) terus mengembangkan kawasan The Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Hal ini terkait dengan ajang balap motor World Superbike (WSBK) Indonesia 2021 pada 19-21 November 2021.

Untuk menyambut event tersebut, ITDC berencana menyediakan total 20.000 kamar hotel berbintang di dalam kawasan ini, serta 325.000 meter persegi lahan komersial dan area publik di zona barat. Setidaknya saat ini terdapat 12 investor dari dalam dan luar negeri yang telah menandatangani perjanjian Land Utilization and Development Agreement (LUDA).

"Ke depan, kami optimistis akan semakin banyak investor yang akan masuk ke kawasan kami karena nilai jual penyelenggaraan WSBK dan MotoGP serta ditunjang iklim kemudahan berinvestasi," ujar Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer di Jakarta (15/11/2021).

Dia menambahkan, The Mandalika menawarkan sejumlah kemudahan dalam berinvestasi dan pemberian sejumlah insentif fiskal bagi investor antara lain PPN dan PPnBM tidak dipungut, pengurangan Pph Badan, fasilitas perpajakan, dan pph impor tidak dipungut. 

Selain itu, ITDC juga telah dan sedang membangun fasilitas publik dan infrastruktur, di antaranya Masjid Nurul Bilad, Kuta Beach Park, Balawista, jalur pipa distribusi air bersih, jalan kawasan yang total panjangnya 37,5 kilometer, drainase, jaringan listrik, dan pengolah air bersih dengan teknologi Sea Water Reverse Osmosis. 

"Selama empat tahun KEK Mandalika beroperasi, telah banyak capaian yang diperoleh oleh ITDC. Salah satunya berhasil merampungkan pembangunan Pertamina Mandalika International Street Circuit," ucap Abdulbar.

Sirkuit ini akan menjadi venue event balap motor berkelas internasional World Superbike 2021 pada 19-21 November mendatang. Pembangunan sirkuit ini juga dilakukan dengan cepat yaitu memakan waktu hanya 14 bulan, namun tetap memiliki kualitas lintasan serta keselamatan sesuai dengan prasyarat yang diminta oleh Dorna Sport dan FIM.

Editor : Aditya Pratama

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda