Jokowi Bandingkan Harga Minyak Goreng Indonesia Jauh Lebih Murah dari Singapura

Suparjo Ramalan ยท Sabtu, 21 Mei 2022 - 16:41:00 WIB
Jokowi Bandingkan Harga Minyak Goreng Indonesia Jauh Lebih Murah dari Singapura
Presiden Jokowi bandingkan harga minyak goreng Indonesia jauh lebih murah dari Singapura.

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan harga minyak goreng di dalam negeri cukup stabil karena pemerintah mampu menekan kenaikan harga komoditas. Bahkan, dia membandingkan harga minyak goreng RI dengan sejumlah negara, seperti Singapura dan Amerika Serikat (AS).  

"Kita masih bisa mengendalikan inflasi, kenaikan harga-harga (komoditas/minyak goreng," kata dia, Sabtu (21/5/2022).

Selain itu, dibanding dengan beberapa negara lain, harga minyak goreng Indonesia jauh lebih murah. Jokowi menngungkapkan, minyak goreng di Jerman mencapai Rp47.000 per liter, di Singapura sebesar Rp41.000 per liter, lalu Amerika Serikat (AS) Rp45.00p per liter. 

Sementara soal ekspor minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) dan produk olahannya yang akan dibuka pada 23 Mei 20202 mendatang, Jokowi mengatakan, memang perlu dilakukan. Menurutnya, penghentian ekspor CPO telah berdampak signifikan terhadap banyak sektor, salah satunya petani sawit. 

Tak hanya itu, larangan ekspor bahan baku minyak goreng ini juga berdampak pada pemasukan negara. Artinya, larangan ini membuat pendapatan negara merosot tajam. Jokowi pun menilai larangan tersebut bukan hal yang mudah.

"Tidak mudah, selain petani, urusan income negara, pajak dari sawit, biaya ekspor dari sawit, itu gede sekali, kurang lebih Rp60-Rp70 triliun," ujarnya. 

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel: