Jokowi Ingin Proyek Prioritas Tetap Dilanjutkan di Tengah Pandemi Covid-19

Suparjo Ramalan ยท Jumat, 29 Mei 2020 - 10:43:00 WIB
Jokowi Ingin Proyek Prioritas Tetap Dilanjutkan di Tengah Pandemi Covid-19
Presiden Joko Widodo. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta proyek strategis nasional (PSN), terutama yang memiliki prioritas tinggi tetap dilanjutkan di tengah pandemi Covid-19. Proyek tersebut dinilai bermanfaatan untuk kepentingan nasional.

"Ini artinya kita harus fokus dan mengendalikan Covid-19, tapi agenda strategis yang berdampak bagi kehidupan rakyat yang tidak boleh dilupakan," katanya dalam rapat bertema Implementasi Proyek Strategi Nasional Untuk Pemulihan Ekonomi Nasional Dampak Covid-19, Jumat (29/5/2820).

Mantan gubernur DKI Jakarta itu meminta proyek-proyek strategis yang berdampak langsung terhadap ekonomi rakyat dan pemulihan ekonomi nasional dipercepat. Berbagai hambatan proyek, terutama terkait pembebasan lahan, harus segera dicarikan solusinya.

"Saya mencatat ada beberapa PSN yang sangat penting bagi penguatan ekonomi rakyat seperti program sertifikasi tanah untuk rakyat, legalisasi lahan transmigrasi, reformasi agraria, dan perhutanan sosial. Saya ingin pastikan program prioritas ini tetap berjalan," ucapnya.

Soal usulan PSN baru, dia meminta kementerian/lembaga terkait untuk betul-betul melihat secara langsung di lapangan dan dikalkulasi secara rinci mana yang perlu dimasukkan dan mana yang tidak.

"Prioritas proyek yang memiliki keunggulan besar sangat penting untuk kita dahulukan," ujarnya.

Editor : Rahmat Fiansyah