Jokowi: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Awal Tahun Depan Masuk Persiapan Operasional

Dita Angga · Selasa, 18 Mei 2021 - 12:20:00 WIB
Jokowi: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Awal Tahun Depan Masuk Persiapan Operasional
Presiden Joko Widodo meninjau perkembangan konstruksi proyek kereta Jakarta-Bandung. (Foto: Youtube/Setneg)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau perkembangan konstruksi proyek kereta Jakarta-Bandung, Selasa (18/5/2021). Aksi blusukan dilakukan di terowongan (tunnel) Halim, Jakarta.

Presiden mendapatkan laporan bahwa progres pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung sudah mencapai 73 persen per hari ini.

"Tahun depan awal, sudah masuk ke persiapan operasional dan diharapkan di akhir tahun 2022 kereta cepat Jakarta-Bandung sudah bisa diuji coba, langsung masuk operasional," katanya, Selasa.

Saat mengecek progres, Presiden Jokowi didampingi Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Presiden berharap kereta cepat Jakarta-Bandung diintegrasikan dengan moda transportasi lain seperti MRT dan LRT. Dengan begitu, masyarakat tertarik naik transportasi publik.

"Sehingga ada sebuah efisiensi waktu, kecepatan dan kita harapkan ini menjadi sebuah daya saing, competitiveness, bagi negara kita untuk bersaing dengan negara-negara lain," kata mantan wali kota Solo itu.

Editor : Rahmat Fiansyah