Jokowi: Perang Timbulkan Dampak Negatif pada Ekonomi Global

Yulistyo Pratomo ยท Rabu, 16 November 2022 - 20:18:00 WIB
Jokowi: Perang Timbulkan Dampak Negatif pada Ekonomi Global
Presiden Joko Widodo saat konferensi pers di Media Center G20, Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2022). (Foto: Istimewa)

BADUNG, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi tanggapan terkait perang Rusia-Ukraina. Pasalnya, hal ini menimbulkan perdebatan hingga proses penyusunan Deklarasi Bali atau G20 Bali Leaders Declaration yang sempat terhambat. 

Pada penyusunan Deklarasi Bali yang turut dihadiri oleh perwakilan dari Rusia, dalam hal ini Menteri Keuangan Rusia, Anton Germanovich Siluanov, pada akhirnya, semua negara sepakat bahwa perang telah menimbulkan dampak negatif kepada ekonomi global.

"Sampai tengah malam kita berbicara mengenai ini dan akhirnya Deklarasi Bali dicapai melalui konsensus. Kami menyepakati bahwa perang berdampak negatif pada ekonomi global," ujar Jokowi saat konferensi pers di Media Center G20, Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2022). 

Meski berjalan cukup alot, Jokowi bersyukur deklarasi ini telah berhasil diselesaikan dan disahkan bersama-sama. Tetapi, dia menegaskan bahwa G20 adalah forum ekonomi, bukan politik.

"G20 itu adalah forum ekonomi, forum finansial, forum pembangunan, bukan forum politik. Jadi, jangan ditarik-tarik ke politik," tuturnya.

Editor : Aditya Pratama

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda