Jokowi Sebut Naik Kereta hingga Pesawat Bebas Tes PCR, Kemenhub: Berlaku setelah Ada Surat Edaran

azhfar muhammad ยท Selasa, 17 Mei 2022 - 21:06:00 WIB
Jokowi Sebut Naik Kereta hingga Pesawat Bebas Tes PCR, Kemenhub: Berlaku setelah Ada Surat Edaran
Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati. (Foto: BNPB)

JAKARTA,  iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merespon kebijakan terbaru Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebut para pelaku perjalanan yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap dibebaskan dari tes PCR atau antigen.

Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati, mengatakan kebijakan bebas tes PCR dan antigen akan berlaku setelah ada surat edaran dari instansi terkait. Dalam hal ini, Kemenhub akan segera menerbitkan surat edarannya dalam waktu dekat. 

Menurut dia, Kemenhub akan mendukung kebijakan tersebut, seperti ketentuan yang diberlakukan pemerintah sebelumnya. Namun masyarakat diminta bersabar menunggu surat edaran terkait pemberlakuan kebijakan baru tersebut. 

“Kami mendukung ketentuan tersebut dan seperti ketentuan-ketentuan sebelumnya, aturan akan dituangkan dlm SE satgas terlebih dahulu,” kata Jubir Adita saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Selasa (17/5/2022). 

Dia mengungkapkan, kemenhub akan akan segera menyusun regulasi sebagai juknis bagi stakeholders. “Setelah itu kami susun SE kemenhub terbut sebagi juknis bagi stakeholders dan koordinasi dengan pihak terkait,” ungkap Adita.

Tak hanya itu, Jokowi menilai kebijakan pelonggaran in diambil setelah pemerintah mencermati perkembangan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia.


“Bagi pelaku perjalanan dalam neger dan luar negeri yang sudah dapat dosis lengkap tidak perlu lagi melakukan tes PR maupun antigen," kata Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (17/5/2022). 

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: